Tajam News

282 Taruna Akpol Ikuti Apel Latsitardanus XLI/2021di Sumatera Utara

Semarang,mediatajam.com – Ratusan taruna tingkat empat dari Akmil dan Akpol mengikuti apel kesiapan pemberangkatan Latsitardanus XLI/2021 di Sumatera Utara yang akan di buka pada 4 April 2021.Mereka akan diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju Pelabuhan Belawan Medan menggunakan KRI Makassar 590, besok Rabu, (31/03/2021).

Sebanyak 702 taruna itu terdiri dari 227 taruna akademi militer, 101 taruna Akademi Angkatan Laut, 91 taruna Akademi Angkatan Udara dan 282 taruna Akademi Kepolisian ditambah 100 orang mahasiswa.

Para taruna juga akan didampingi pengasuh atau pembina 253 orang.
Menurut Wadanjen Akademi TNI Marsekal Muda TNI Sri Pulung D saat memimpin apel mengatakan peserta di bagi menjadi 4 satuan latihan, yaitu Kota Medan, Simalungun, Langkat, Binjai Deli Serdang, Langkat dan Tebing Tinggi.

“Setelah terbentuk satgas bisa beradaptasi kenal dan berkomunikasi agar tercipta suasana keakraban kekompakan dan kesetiakawanan antar matra. Serta bisa mengenal adat istiadat sebagai wujud cinta tanah air dan keberagaman,”terangnya Selasa (30/02/21).

Wadanjen menambahkan, mereka akan diterjunkan ke daerah dan akan melakukan kegiatan fisik dan non fisik. Meliputi karya bakti perbaikan jalan, perbaikan saluran air, perbaikan tempat ibadah, sekolah, rumah tidak layak huni dan sarana prasarana umum lainnya.
Untuk kegiatan non fisik meliputi penyuluhan bela negara, hukum, bahaya narkoba dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“disana taruna harus memperlihatkan jati diri sebagai calon pemimpin masa depan dengan semangat disiplin dan sopan santun sehingga bisa menjadi contoh,” pintanya.

Untuk antisipasi penyebaran Covid-19, seluruh taruna juga sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 agar bisa menjalankan tugas dengan tenang. Namun, walaupun telah mendapatkan vaksin tetap harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara itu ,Danyon Taruna Akpol Tingkat 4, AKBP Siswo Dwi Nugroho, berpesan agar para taruna melaksanakan kegiatan Latsitarda dengan baik, sebagai bekal tugas nantinya, dengan harapan untuk menambah wawasan dan koordinasi dengan TNI, ASN, dan masyarakat.

Ditempat yang sama salah satu Taruna Akpol tingkat empat Hegar Intaka mengaku telah melakukan persiapan sebelum mengikuti kegiatan Latsitardanus yang akan berjalan selama satu bulan tersebut.

“Setelah pembelajaran jarak jauh yang cukup panjang, sekitar satu Minggu kami melakukan persiapan yang cukup untuk mengikuti program ini, dan kita berharap bisa melaksanakannya dengan baik dan sesuai arahan para pembina karena kegiatan itu masih di massa Pandemi sehingga kami harus sangat menjaga kesehatan,” pungkasnya.**Sefrin