Tajam News

ABUPI Siap Bersinergi Kembangkan Pelabuhan Di Jateng

Semarang,mediatajam.com – Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia atau ABUPI menggelar Road show 2019 dengan tema “Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan dan pengelolaan Infrastruktur Pelabuhan”.

“Rencananya setelah perdana di Semarang ini, acara serupa juga akan digelar di Palangkaraya, Samarinda,Surabaya,Banjarmasin,Makassar,Batam dan Pontianak.fokus kita adalah mempertemukan para pemangku kepentingan pelabuhan dengan para pengusaha agar dapat berdiskusi dan memberi solusi atas permasalahan yang ada selama ini”, ujar Mindo H Sitorus selaku Ketua Korwil ABUPI Jateng di Hotel Ciputra Kamis siang (12/09/29).

Dijelaskannya lagi, ABUPI menyatakan kesiapan untuk bekerja sama dalam pengembangan 5 pelabuhan di Jawa Tengah. Kelima pelabuhan itu berlokasi di Semarang, Kendal, Rembang, Brebes, dan Blora.

Mindo H. Sitorus menyatakan jika dalam pengembangan 5 pelabuhan di Jateng, dapat menggunakan skema konsorsium antara Pemprov, Pemda, BUMN, BUMD, dan swasta.
“Dengan skema konsorsium, ada saham masing-masing di dalamnya, sehingga diharapkan permodalan dan perizinan pengembangan pelabuhan kian cepat,” tambahnya.

Saat ini, salah satu konsesi yang sedang berproses adalah Pelabuhan Rembang. Sejak 2007, Bangun Arta Group melalui Utama PT Pelabuhan Rembang Kencana, mengembangkan pelabuhan di sana, dan kini bakal berkolaborasi dengan Pemda dan BUMD setempat.

“Pelabuhan Rembang sedang menuju konsesi. Konsep kolaborasi itu bisa kita terapkan di Pelabuhan Kendal, dan juga pelabuhan lainnya,” tutur Mindo, yang juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pelabuhan Rembang Kencana.

Dalam 3 bulan ke depan diharapkan pihaknya bersama pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, dapat membuat hasil konkret mengenai rencana pengembangan Pelabuhan Kendal. Mindo menyebutkan, di Pelabuhan Rembang proses pengapalan barang sudah mencapai jutaan ton. Hal itu tentunya turut mendongkrak perekonomian setempat.

Sementara itu Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Jateng Dra.Peni Rahayu menyampaikan, selain di Semarang, Jateng juga membutuhkan sejumlah pelabuhan baru, seperti di Kendal, Brebes, Batang, Rembang, dan Blora. Skema kolaborasi bisnis itu dapat berupa Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).
“Untuk itu, kami ajak kepada ABUPI untuk ikut serta mengembangkan pelabuhan Kendal. Kita harapkan dalam waktu dekat ada diskusi yang lebih konkret,” ujarnya.

Acara FGD siang itu dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan RI,Kementerian BAPPENAS, Kementerian ATR/BPN,Lembaga Pembiayaan Investasi Non Anggaran, Pemerintah (PINA),KSOP Semarang , KSOP Tegal , PT Pelindo 3, KUPP Jepara, Batang, Juwana,Rembang dan Karimunjawa,INSA,APBMI dan sejumlah kepala daerah. **SEFRIN