Tajam News

Amankan 8 Batang Kayu Jati Jarahan dan 7 Sepeda Motor , KPH Mantingan Gagalkan Ilegal Loging

REMBANG – Guna memantau kesiapan Polhutmob dalam menghadapi kejadian pengrusakan hutan dan para pelaku Ilegal Loging serta kebakaran hutan.

Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan bekerjasama dengan
Sub Detasemen Polisi Militer (Denpom) Blora menggelar apel Siaga anggota Polisi Hutan Mobil (Polhutmob)

Kegiatan apel siaga Polhutmob yang dilaksanakan di Pos pantau ubuk Sulang dihadiri langsung oleh Administratur KPH Mantingan Widodo Budi Santoso
Waka Adm Dwi Anggoro K,
Peltu Samsul dari CPM Blora dan 5 anggota Sabhara dari Polres Blora serta
Polter wilayah KPH Mantingan itu digelar pada Jumat (23 Oktober 2020)
tengah malam .

Administratur KPH Mantingan
Widodo BS yang memimpin langsung apel siaga dalam sambutanya mengatakan kegiatan apel yang di gelar itu bertujuan untuk mengecek kesiapan Polhutmob dalam menghadapi kejadian kebakaran hutan,pengrusakan dan pencurian pohon dari para pelaku Ilegal Loging di kawasan hutan KPH Mantingan

“Dalam menghadapi tahun baru dan menjelang pemilihan Kepala Daerah tentunnya konsentrasi kepolisian banyak tersedot dalam Pilkada serentak.
Untuk itu saya menekankan kepada seluruh anggota Polhutmob dan para mandor Polisi Teritorial lebih meningkatkan kewaspadaan dan tetap siaga kapanpun dibutuhkan “tegasnya.

Belum selesai memberi sambutan
dalam apel siaga malam itu tiba – tiba Adm Mantingan secara mendadak menerima Informasi dari RPH Kedungrejo bahwa di petak 94 dan 84 ada kehilangan pohon.
dan ada gerombolan kawanan bersepeda motor sedang menuju tempat kejadian Perkara (TKP) untuk mengangkut hasil pembalakan di dua petak hutan RPH Kedungrejo BKPH Medang.

Tak menunggu lama seketika itu juga pasukan apel siaga bersama anggota CPM dan Anggota Polres Blora langsung bergegas melakukan penyisiran dan menghambat para pembawa kayu hasil jarahan di petak 94 dan 84.

Di pertengahan perjalanan tim langsung berpencar untuk menghambat laju para kawanan pelaku ilegal loging .
Team gabungan akhirnya berhasil menghambat laju sepeda motor para pelaku pembawa hasil ilegal loging .
Namun , kawanan penjarah hutan milik negara itu semuanya berhasil melarikan diri dikegelapan malam.
Polhutmob serta Anggota CPM dan Angota Polres Blora berhasil mengamankan Tujuh sepeda motor
dan 8 batang kayu jati.

Peltu Samsul mengatakan hari ini luar luar biasa dan Istimewa sekali karena apel siaga yang dipimpin Adm Mantingan langsung dapat menangkap 7 kendaran dan beberapa batang kayu jati hasil curian di petak 94 dan 94 RPH Kedungrejo.
Ia mengapresiasi pihak Perhutani yang telah mengajak Denpom Blora untuk menjadi kekuatan keamanan di wilayah Hutan KPH Mantingan. dengan begitu kita dapat meminimalisir segala upaya para pelaku ilegal untuk mencegah pencurian pohon jati. (San)