Tajam News Kriminal

Bawa Kabur Truk Beserta Isinya , Kernet Ini Diringkus PolresTegal

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah, S.Si menunjukan barang bukti saat gelar perkara kasus tersebut

TEGAL KOTA,MEDIATAJAM.COM _ Dua orang pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan berhasil diringkus oleh tim Polres Tegal Kota. Pelaku adalah Saknan (43), warga  Jalan Abdul Ghoni Kelurahan Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal dan Tohir (35), warga jalan Abdurrahman Rt 02 Rw 05 Kelurahan Pesurungan Kidul, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

“Jadi kedua pelaku ini ditangkap petugas di Kawasan Pelabuhan Jonggor, Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal.saat akan memindahkan barang dari truk yang dicuri kedalam KBM Grand max”, ungkap Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah, S.Si  saat gelar kasus tersebut di Mapolsek Tegal Barat.

Penangkapan tersebut berdasarkan laporan korban dengan laporan polisi Nomor : LP/B/20/IX/2019/JATENG/RES TEGAL KOTA/SEK TB, pada 01 September 2019 lalu.”selain dua pelaku ddiamankan pula 1 (satu) unit Truk Gandeng Merk Hino warna Putih, Nopol G 1759 AE berikut STNK dan muatan Jagung,1 (satu) Unit Kbm Grand Max dengan Nomor Polisi G 1750 SE dan 14 (Empat Belas) Sak/karung jagung seberat @60 Kg,”tambah AKBP Siti Rondhijah.

Dijelaskannya, bahwa kejadian itu berawal ketika pelapor/ korban an. Sobirin (62) pengemudi, warga Dampyak Rt 02/06 Kramat Kabupaten Tegal  yang sering kehilangan barang berupa jagung saat mengirim barang bersama dengan Kernetnya, yang dikirim dari Batang menuju ke Cirebon.

Kejadian tersebut terjadi saat kendaraan berhenti dan diparkir di Jalingkut (jalur Lingkar Utara) Kota Tegal dan ditinggal pelapor pulang kerumah di Desa Larangan, Kramat Kabupaten Tegal dengan kondisi ditunggui oleh kernetnya .

“Selanjutnya, karena curiga dengan keberadaan kernetnya, maka pada hari Sabtu, tanggal 01 September 2019 saat pelapor mengirim barang, sekitar pukul 22.00 wib kembali berhenti serta memarkir kendaraan di Jalingkut dan ditunggui oleh kernet tersebut,” katanya.

Kemudian sekitar pukul 02.30 Wib, diketahui kendaraan tersebut sudah bergeser dan berada di pelabuhan jonggor, dimana sejumlah barang yang ada didalam truk diambil dan dimasukan kedalam sebuah Kbm Grand Max untuk dijual oleh pelaku ( Kernet ).

“Dari hasil pemeriksaan ternyata aksi tersebut telah dilakukan sebanyak 5 kali dengan modus dan cara yang sama. Akibat perbuatan tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 27.000.000 ( Dua Puluh Tujuh Juta Rupiah ),” pungkas Kapolres Tegal.**Sefrin / Sai