Tajam News

Bersama Ketua BPD Kades Buranga Kompak Untuk Memajukan Desa

Kades Buranga dan staffnya

Parigi Mautong,MEDIATAJAM.COM _ Berkat dukungan dan kerjasama dengan segenap masyarakatnya , Irfan L DG Makampa kades Buranga kecamatan Ampibabo Babupaten Parigi Mautong Sulawesi Tengah perlahan tapi pasti mulai menunjukkan kemajuan dan prestasi yang cukup memauaskan warga desanya.

“Tak hanya bidang infrastruktur sektor pembangunan tetapi bidang perekonomian masyarakat desa buranga pun sudah banyak kemajuan”, terang Irfan.

“sudah menjadi komitmen saya, sebagai kepala desa buranga dalam bekerja harus penuh rasa tanggung jawab demi masyarakat desa buranga. insya Allah saya selalu siap lahir batin untuk memimpin masyarakat dan memajukan desa buranga yang di kenal sebagai desa buah”, tambah sang kades.

Kades Buranga yang ditemui mediatajam.com pada hari Kamis ( 20/09/18) di kantornya mengungkapkan bahwa desa buranga terdiri atas 6 (enam) dusun yakni dusun 1 palala 2 lolouwo santaba 3 pengintuu 4 sao 5 sina 6 dapog yang memiliki 791.kk dan 4900 jiwa penduduk.

Menurutnya, faktor pendekatan terhadap masyarakat dengan tidak membeda bedakan suku,ras agama adalah salah satu yang dilakukannya. silaturahmi dengan semua lapisan masyarakat, tokoh masyarakat dan agama selalu di kedepankan.

Desa buranga yang merupakan desa trasmigrasi, bisa dibilang cepat maju dalam membangun desa melalui dana ADD/DD yang selalu terbuka apalagi dengan dukungan masyarakat.

Mayoritas penduduk desa buranga adalah petani. dengan luas lahan sekitar 4480 HA, pengunaan dana ADD tahun 2018 sebagian digunakan untuk pembukaan perbaikan akses jalan menuju kantong produksi yang sementara rampung di kompleks 15.

“Karena tanpa akses jalan yang nyaman, semua aktifitas masyarakat akan lumpuh. makanya kita programkan akses jalan untuk masyarakat lewat dana ADD. bukan itu saja hampir semua dusun kita sudah benahi akses jalannya”, jelas Irfan.

Untuk tahun 2018 desa Buranga mendapatkan bantuan stimulan bedah rumah sebanyak 25 unit rumah oleh dinas sosial Kab.Parigi Mautong untuk warga kalangan tidak mampu. sementara ini sedang dalam tahap di kerjakan dan program ini juga sangat membantu warga desa buranga karena rumah merupakan faktor keperluan yang paling utama dan di peruntukan oleh kalangan warga miskin, makanya sangat membantu

Arlan Ketua BPD Desa Buranga

Terpisah Arlan S Lamadau selaku ketua BPD (badan perwakilan desa) Buranga sebagai bidang pengawasan di desa buranga, menyatakan ia dan kades selalu kompak dengan sering mengadakan rapat kordinasi .

“bersama aparat desa dengan jajaran BPD serta tokoh masyarakat semua program desa dapat terlaksana dengan baik dan transparan, juga kepercayaan publik dan masyarakat untuk tidak saling mencurigai terkait penggunaan dana ADD/DD apapun kegiatan yang dilaksanakan desa buranga selaku ketua BPD pasti mengetahuinya”, kata Arlan S Lamadau.
***Muldani/Jam”un