Tajam News

Dapat Asimilasi , Puluhan Napi Rutan Kelas II B Rembang Dibebaskan

REMBANG,mediatajam.com – Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Rembang membebaskan sebanyak 38 orang narapidana (napi) yang mendapatkan Asimilasi luar biasa Kamis (2 Maret 2020).

Pembebasan itu berdasarkan Peraturan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) nomor 10 tahun 2020 per 1 April 2020 hingga 30 Desember 2020 .

Kepala Rutan kelas II B Rembang, Supriyanto kepada wartawan menjelaskan dalam hal menindak lanjuti perintah pimpinan bahwa terkait adanya virus corona atau Covid-19 ini, sehingga kebijakan Pemerintah dalam hal ini memberikan kesempatan bagi narapidana yang sudah menjalani setengah masa pidana diberikan asimilasi luar biasa.

“Yang sudah menjalani setengah masa pidana diberikan asimilasi diluar yakni dirumah masing – masing, dengan catatan tidak diperbolehkan keluar sementara karena adanya virus Covid-19 ini,”terangnya.

Lebih lanjut Supriyanto menambahkan jadi total 38 narapidana yang mendapatkan aslimilasi, tentunya mereka merupakan napi berkelakuan baik dan juga sudah memenuhi persyaratan. Pihaknya juga sudah memberikan pembinaan dengan meningkatkan dari segi kemandirian yaitu pembuatan keset, sapu ijuk dan keagamaan.

“Ini dalam bentuk asimilasi kepedulian dari Bapak Menteri kita, Pak Dirjen memberi kesempatan bagi napi yang sudah memenuhi syarat dan berkelakuan baik,”jelasnya.

Sofyan (35), salah satu napi asal Kecamatan Sedan mengaku sangat bersyukur bisa berkumpul kembali bersama keluarga.
Setelah kembali dirumah ia akan memperbaiki diri, nantinya bekerja dirumah dan mengembangkan keahlian sesuai apa yang telah diajarkan selama berada di rutan(san)