Lifestyle

Gapeka 2021,Waktu Perjalanan KA Kian Singkat dan Jadwal Keberangkatan Berubah

Semarang.Mediatajam.Com.Mulai 10 Februari 2021, waktu perjalanan kereta api akan semakin singkat dan sebagian KA mengalami perubahan jadwal keberangkatan. Hal ini dikarenakan KAI mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021 yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan No KP 1385 Tahun 2020 tentang Penetapan Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021 dan KP 1362 Tahun 2020 tentang Penetapan Lintas Pelayanan Perkeretaapian pada Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2021.

Penetapan Gapeka 2021 ini untuk menggantikan Gapeka 2019 yang sebelumnya digunakan oleh KAI.

Krisbiyantoro Humas KAI Daop 4 Semarang mengatakan,Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

“Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2021 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Terdapat efisiensi waktu perjalanan KA di lintas Daop 4 Semarang , untuk KA Penumpang sebesar total 738 menit dan KA Barang sebesar total 193 menit.”ujar Krisbiyantoro dalam keterangan Persnya Selasa (9/2/2021).

Menurut Krisbiyantoro,Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih singkat.Contohnya adalah KA Argo Muria relasi Stasiun Semarang Tawang menuju Stasiun Gambir yang perjalanannya lebih singkat 20 menit, dari sebelumnya 6 jam 4 menit menjadi 5 jam 44 menit.

“Namun di masa pandemic Covid-19 ini kereta api penumpang belum dijalankan semuanya. Untuk KA-KA Daop 4 Semarang di Bulan Februari 2021, yang dijalankan yaitu KA Argo Muria relasi Semarang Tawang- Gambir , KA Argo Sindoro relasi Gambir – Semarang Tawang, KA Argo Cheribon relasi Tegal-Gambir relasi Gambir-Tegal (hanya jalan di tanggal tertentu).”katanya.

Sedangkan KA-KA yang lewat di Semarang jalan setiap hari yaitu KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi-Gambir PP, KA Jayabaya relasi Malang-Surabaya Pasarturi-Pasarsenen PP, KA Darmawangsa Ekspres relasi Surabaya Pasarturi-Pasarsenen PP.

“Kini masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan chanel pembelian online lainnya.”jelas Kris.

Untuk itu pelanggan di harspkan untuk nemasastikan kembali jadwal perjalanan ,karena terdapat perubahan jadwal keberangkatan KA pada Gapeka 2021. Misalnya KA Maharani relasi Stasiun Semarang Poncol- Stasiun Surabaya Pasarturi yang semula berangkat dari Semarang Poncol pukul 11.50 WIB, mulai 10 Februari berubah keberangkatannya menjadi pukul 11.45 WIB atau maju 5 menit.

“Kami mengimbau kepada calon pelanggan kereta api dengan keberangkatan 10 Februari 2021 dan seterusnya untuk memperhatikan kembali jadwal yang tertera pada tiket. Tujuannya agar pelanggan tidak tertinggal kereta karena sudah diberlakukannya Gapeka 2021.”bebernya.

Pada masa transisi lanjut Kris, seluruh jajaran internal sudah siap akan perubahan ini dengan menyiapkan peralihan pada 9 Februari serta posko di berbagai unit kerja. Tujuannya agar seluruh aspek seperti layanan tiket dan operasional kereta api berjalan lancar, selamat, aman, dan terkendali.

“Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, diharapkan pelanggan kereta api akan semakin meningkat karena banyak dilakukan inovasi, peningkatan serta perbaikan, seperti waktu perjalanan yang semakin singkat.”pungkasnya.** Tomo/ Frin