Tajam News

Gelar Diskusi Penanaman Porang KPH Mantingan Gandeng Kodim 0720 Rembang

Rembang,mediatajam.com – Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan menggelar diskusi Penanaman porang yang saat ini banyak dicari oleh industri makanan khsusnya yang bergerak dibidang Hidrocolloid dengan Kodim 0720 Rembang Jum’at (27 November 2020)

Kegiatan diskusi penanaman porang yang dulunya dianggap tanaman yang tidak berguna pagi itu berlangsung di ruang rapat KPH Mantingan dengan di moderatori oleh Ismartoyo Kepala Sub Seksi (KSS) Komonikasi Perusahaan (Komper) Mantingan.

Turut hadir dalam kegiatan pagi itu
Widodo Budi Santoso Administratur (Adm) KPH Mantingan didampingi oleh
Edi KSS Perencanaan, Kasmijan KSS Hukum & Tenurial (HKTA)
Joko Santoso Adminiatratur (Adm) KPH Kebonharjo didampingi oleh Faishol Thohiri KSS Komper .
Komandan Kodim 0720 Rembang
Letkol Kav. Donan Wahyu Sejati. S.Sos, dan Investor porang dari Solo Kristiawan

Adm KPH Mantingan Widodo Budi Santoso dalam paparannya mengatakan bahwa tanaman porang bisa tumbuh dikebun dan untuk daerah pulau Jawa tanaman ini sebagai makanan ular.
Namun saat ini tanaman porang makin banyak dibudidayakan .

“Tanaman porang banyak diminati kerena mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi . Hasil olahan porang (iles-iles) yang jadi tepung konjac inilah dipakai untuk industri pembuatan jelly,kulit kapsul,perekat dalam kertas dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.”terangnya

Lebih lanjut Widodo menjelaskan tanaman porang dapat dipanen dalam kurun waktu umur tiga tahun.
Selanjutnya tanaman dapat dipanen setahun sekali tanpa harus menanam umbinya kembali.

“Tanaman ini mengalami pertumbuhan
5 sampai dengan 6 bulan tiap tahunya. ( hanya pada musim hujan).
Diluar itu tanaman mengalami masa istirahat atau dormandan daunya akan layu seolah-olah mati. masa panen tanaman porang sekira bulan April sampai dengan Juli.”jelasnya

Sementara itu Administratur KPH Kebonharjo Jokjo Santoso mengatakan luasan lahan porang yang dipergunakan Pilot Projec dengan Kodim 0720 Rembang jumlahnya masih terlalu sedikit.
Untuk menambah luasan lahan yang dibutuhkan tentunha kami siap berapa pun luasannya terlebih ini menyangkut prgram ketahanan Pangan Nasional khususnya untuk kabupaten Rembang.”ungkapnya

Komandan Kodim 0720 Rembang Letkol Kav. Donan Wahyu Sejati dalam diskusi budidaya tanaman porang mengatakan ketahanan pangan memang menjadi Program Nasional.
Untuk mendukung program itu tentunya kami berusaha menjadikan lahan yang ada di kabupaten Rembang ini menjadi lahan lahan yang produktif.

Saat ini yang mempunyai lahan luas hanyalah perhutani Mantingan dan Kebonharjo
Untuk itu kami akan bersinergi dan membantu pengembangan tanaman porang di wilayah Mantingan dan Kebonharjo untuk meningkatkan perekonomian masyarakat .

” Awalnya saya melihat porang ini prospeknya cukup cerah dan luar biasa. Makanya kami akan mencoba mengembangkan budidaya porang di kawasan hutan .
Kami berharap sinergitas antara Perhutani Mantingan, Kebonharjo dan Kodim 0720 Rembang dalam kerjasama budidaya porang bisa diimbangi dengan kerjasama bidang lain seperti ikut berpatroli secara preventif di kedua KPH,”pungkasnya .(San)