Tajam News

Gugatan Perangkat Desa Kabupaten Rembang Mulai disidangkan Perdana di PTUN

Semarang,mediatajam.com – Protes masa jabatan perangkat desa di Kabupaten Rembang memasuki babak baru. Suwarno, Perangkat Desa, Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Sumber memilih melakukan gugatan di Pengadilan Tata Usaha Negara di Semarang.

Gugatan dalam perkara No 52/G/2020/PTUN.Smg ketua Majelis hakim di ketuai oleh Baiq Yuliani,SH.

Tampak hadir Suwarno sebagai Penggugat berserta tim advokat Karman Sastro & Partner diantara Sukarman,SH,MH, Ahmad Rif’an Nawawi,SH,Caecilia Deasy Kusumaningrum,SH. Sedangkan Tergugat di Wakili oleh Bagian Hukum Pemkab Rembang, dimana salah satunya camat Sumber Khamdani, kepala dinas pemberdayaan Masyarakat Desa
Caecilya Deasy Kusumaningrum,SH salah satu kuasa penggugat menuturkan, hari ini masih tahap pemeriksaaan administrasi kelengkapan dokumen gugatan.

“Secara substansi tidak ada perubahan dalam gugatan, masukan hakim hanya sebatas kesalahan ketik dan sistematikan gugatan, jelasnya. Deasy menambahkan, sidang pemeriksaan akan kembali digelar pada tanggal 5 Agustus minggu depan,” ucapnya.

Sukarman,SH.MH kuasa hukum lainnya menerangkan, gugatan PTUN biar berjalan sehingga di harapkan putusannya nanti menjadi jurisprudensi jika gugatan di kabulkan pengadilan. Dengan demikian, tidak boleh ada pemberhentian perangkat desa pada usia 60 tahun, jelasnya.

Karman menambahkan, selain gugatan PTUN, tim kuasa hukum sedang melakukan finishin terhadap gugatan judicial Review terhadap Peraturan Bupati Rembang No 16 Tahun 2017 yang menjadi dasar pemberhentian perangkat desa.

“Aturan inilah yang dianggap bertentangan dengan peraturan di atasnya, khususnya UUD 1945 yang menegaskan tidak boleh penerapan aturan hukum secara surut,”jelasnya,

Dalam persidangan, Suwarno selaku pengugat menerangkan, walaupun sudah diberhentikan, saya tetap masuk kantor desa hingga akhir Mei 2020. Sedangkan surat keputusan kepala desa Kedungasem 141/06/Kedungasem/II/2020 tertanggal 11 Februari 2020.

Ketika di tanya salah satu hakim, Suwarno masih menunggu kejelasan karena sudah mengirimkan keberatan administrasi hingga protes ke Menteri Dalam Negeri dan DPRD Kabupaten Rembang.

Suwarno yakin, dengan perkara ini gugatannya akan  dikabulkan , Ketika di angkat jadi perangkat desa tahun 1994, saya diangkat dengan Perda No 10 Tahun 1982 yang disitu batasannya 65 tahun, jelasnya.**sefrin