Budaya

Hari Santri Nasional, Para Santri di Semarang Ziarah Makam Pahlawan

Semarang, mediatajam.com – Hari ini, Sabtu 22 Oktober 2016 bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional. Tahun ini menjadi tahun kedua peringatan Hari Santri Nasional, tepatnya setelah Presiden mengeluarkan Keppres nomor 22 tahun 2015 yang menetapkan 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional.

Para santri di Kota Semarang pada hari ini melaksanakan upacara di Balaikota Semarang yang dipimpin oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, yang kerap disapa Hendi. Selain Hendi, terlihat H. An Nashom Ketua NU Semarang dan Mantan Gubernur Jawa Tengah H. Ali Mufid mengikuti upacara tersebut. Pasalnya setelah upacara, para santri akan ziarah makam Pahlawan dan tahlil bersama di Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang. Kala itu,  22 Oktober 1945, pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari mencetuskan resolusi jihad di Surabaya, Jawa Timur.

Untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA merebut kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional agar seluruh masyarakat Indonesia dapat mengenang jasa para Ulama dalam memeperjuangkan Kemerdekaan bangsa Indonesia. ***Ay