Tajam News

HUT TNI Ke 72 Di Makassar “Bersama Rakyat TNI Kuat

Makassar,mediatajam.com – Peringatan HUT ke 72 tahun yang bertema “Bersama rakyat TNI Kuat” diperingati dengan upacara dilapangan karebosi makassar sulawesi selatan kamis 5 oktober 2017 di meriahkan dengan teatrikal karaeng Bontomarannu.

Upacara Peringan Hut TNI KE 72 dipimpin oleh staff daerah meliter XIV/hasanuddin Brigjen supartodi, berlangsung khitmad diikuti oleh ribuan prajurit TNI dari berbagai kesatuan baik angkatan udara, laut dan darat, di hadiri oleh gubernur sulawesi selatan, wali kota makassar, kapolda sulsel, bupati Gowa, ketua Dprd sulsel, kejari sulsel beserta puluhan pejabat lainya.

Inspektur upacara brigadir jendral Supartodi membacakan amanat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, mengingatkan kepada segenap prajurit tentang ancaman nyata proxy war dan cyber war.

“Kita harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, lanjutkan hal-hal yang positif yang telah terbina selama ini. Selalu berinovasi dan berkreasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya

Usai upacara pelaksanaan peringatan HUT TNI ke 72, panitia pelaksana menampilkan sejumlah pertunjukan menarik, Di antaranya parade defile pasukan dan alutsista TNI dan atraksi bela diri, pencak silat dari ketiga angkatan gabungan baik dari angkatan darat, udara dan laut.

Selain dari pertujukan tersebut Sebagai hiburan, panitia gelar sosio drama teater kolosal bertajuk Karaeng Bontomarannu. pertunjukan drama menceritakan sebuah perjuangan IPakkebbu Karaeng Jarre, yang bergelar Karaeng Bontomarannu.

Dikisahkan, Karaeng Bontomarannu merupakan Panglima Angkatan Laut Kerajaan Gowa di Sulawesi selatan pada abad 16, karaeng bontomarannu dikenal sebagai salah satu musuh utama VOC pada saat itu, yang sangat gigih memperjuangkan rakyat, armada perang Gowa dalam mengusir para penjajah.

Karaeng Bontomarannu, namanya turut dimasukkan dalam satu dari 15 poin perjanjian Bungaya, perjanjian bungaya merupakan kesepakatan damai antara kerjaan Gowa dan VOC.

Ketua Panitia HUT TNI Kolonel Laut Sunarto menjelaskan, sosio drama ini melibatkan kurang lebih 280 orang gabungan baik dari TNI, mahasiswa, dan pelajar, pertunjukan drama yang kita gelar sebagai pelajaran tentang nilai-nilai perjuangan di masa lalu.

“HUT TNI kali ini kita bikin lebih kreatif agar bermakna dan bisa ditularkan ke generasi genrasi berikut. Banyak nilai dan pesan-pesan moral yang dapat dipetik dari keteladanan seorang Karaeng Bonto Marannu , baik oleh TNI sendiri maupun masyarakat,” ujarnya

HUT TNI ke 72 sejumlah acara pendukung yang diadakan oleh panitia pelaksana di Lapangan Karebosi. Bagi masyarakat umum, pameran alutsista TNI yang bisa dikunjungi selama seharian penuh. Tersedia juga puluhan gerobak makanan gratis dan hiburan musik dari panggung prajurit.**Muldani/Haris