Peristiwa

IZI Jateng Launching Pesantren Lansia di Gunungpati

SEMARANG,MEDIATAJAM.COM – Pesantren Lansia di wilayah Kelurahan Sukarejo, Kecamatan Gunungpati, Semarang resmi dilaunching oleh Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah launching  pada Selasa (16/3/2021).

Menurut Ketua IZI Jateng, Djoko Adhi Saputro , Pesantren Lansia di desain untuk beberapa item kegiatan, di antaranya munjung lansia yaitu memberikan tambahan makanan sehat untuk para lansia.

“Jadi memang biar secara kesehatan tersupport. Kemudian ada layanan kesehatan lansia juga, ini menunjang program Germas pemerintah cek dini kesehatan,” ungkap Djoko usai peresmian acara.

Ditambahkannya, progam lain dari Pesantren Lansia menurut Djoko adalah TPQ lansia, yaitu kegiatan mengaji sebagai pengembangan religius dari para lansia.

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Lansia, Muhammad Idris mengatakan, prinsip awal dari Pesantren Lansia yaitu untuk kesejahteraan lansia.

“Bahwa lansia di usia lanjut ini masih bisa dikembangkan produktifitasnya, kebanyakan memang tidak semuanya secara fisik ini lemah. Lah itu yang justru kita ingin kembangkan potensinya,” katanya.

Sisi lain, lanjut Idris, dalam aspek agama lansia memilik power lantaran lansia memiliki tingkat spiritualitas yang tinggi.

“Dua sisi itu yang ingin kita kuatkan kembali, karena ini memang lebih kepada pengembangan progam lansia yang ada di wilayah ini,” jelasnya.

Idris berharap, dengan adanya intervensi dari pihaknya para lansia akan lebih baik dan produktif.

“Ini pertama, sementara mengcover 180 santri para lansia di lingkungan Kelurahan Sukorejo,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut akan menjadi portofolio progam yang nantinya akan dipublikasikan di wilayah-wilayah lain.

Ketua IZI Jateng, Djoko Adhi Saputro

“Kita coba informasikan Pesantren Lansia tidak se-identik seperti yang harus mondok pada lazimnya, tapi sifatnya lebih kepada peace yang bisa dikembangkan di wilayah lain secara edukasi,” tandasnya.

Ditempat yang sama Lurah Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang Wiwoho Budi Hartono menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada IZI Jateng dan Paragon yang sudah mendukung Pesantren Lansia di RW.05 Kelurahan Sukorejo.

Dirinya berharap adanya Pesantren Lansia ini bermanfaat untuk warga setempat. Harapan saya para lansia bisa semakin baik dalam keagamaan,” ujarnya.**SEF