Peristiwa

Janjikan Jadi ABK, Oplos Ditangkap Polresta Pekalongan

Pekalongan Kota, mediatajam.com – Polresta Pekalongan melakukan ungkap Kasus tindak pidana Penipuan dan Penggelapan, tersangka yaitu A alias Oplos (29) warga Pabean Padukuhan Keraton Pekalongan Utara .

Penangkapan tersebut berdasarkan laporan Polisi nomor: LP/B/02/I/2019/JATENG/RES PKL KT/SEK PKL UTR, tanggal 14 Januari 2020 oleh Warsono (51) warga Kadang Panjang sebagai korbannya.

Kapolresta Pekalongan AKBP.Egy Andrian Suez menyatakan, korban merasa dirugikan sejumlah dana akibat dijanjikan untuk menjadi anak buah kapal ( ABK) di KM.Putra Sukses Mandiri.

“Pada hari senin 16 Desember 2019, sekira pukul 11.00 wib. ( T) mendapatkan kabar bahwa kapal ” KM PUTRA SUKSES MANDIRI V ” mencari nelayan / ABK, kemudian A datang kepada korban untuk memintanya bekerja menjadi nelayan / ABK , untuk ikut berlayar.Korban sanggup untuk berangkat menjadi ABK dan berlayar, dan kemudian percaya kepada tersangka dan memberikan uang titipan sebesar Rp. 4.500.000,” terangnya.

Namun pada saat mau berangkat si A tidak hadir dan tidak berangkat jadi berangkat sesuai yang dijanjikan, karena merasa kecewa korban akhirnya melaporkan kejadian itu ke polisi.

“Selanjutnya Unit Reskrim Polsek Pekalongan Utara Polres Pekalongan Kota bergerak menuju lokasi melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku”, tambah Kapolres.
Selain tersangka A alias Oplos polisi juga mengamankan 1 (satu) lembar kwitansi penerimaan uang sebesar Rp. 4.500.000,- ( Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah).

“Atas perbuatannya tersangka akan dijerat dengan pasal Pasal 378 KUHPidana dan atau Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara empat tahun”, pungkas AKBP.Egy.**sefrin