Tajam News Kriminal

Janjikan Masuk PNS Pria Ini Diringkus Polisi, Korban Setor 59 Juta

Semarang,mediatajam.com – Akibat melakukan tindak pidana penipuan dengan modus bisa memasukan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Haryanto (56), Warga Gemolong, Kabupaten Sragen diringkus tim Resum Polrestabes Semarang.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Asep Mauludin mengatakan ,pelaku melakukan perbuatannya dengan cara mengaku bisa memasukan PNS dengan persyaratan memberikan sejumlah uang terlebih dahulu.

“Setelah pelaku menerima uang kemudian pelaku menyuruh korban untuk mengantarkan pelaku bertemu seorang pejabat yang akan memasukan korban menjadi PNS, setelah sampai di Simpanglina pelaku meminjam mobil milik korban dengan alasan bertemu pejabat tersebut. namun ditunggu berjam – jam tak juga muncul,” terang Kasat Reskrim kepada awak media saat rilis kasus tersebut pada Selasa siang (3/2/2020).

Asep menjelaskan, pelaku ini ditangkap pada 30 Januari 2020, dia sudah melakukan dua kali melakukan aksi penipuan dan modusnya menjanjikan dengan bisa memasukan menjadi PNS.

“Jadi awalnya korban ini menginginkan anaknya menjadi PNS, kemudian pelaku menyanggupinya dan menjanjikan akan diterima sebagai ASN di Pemrov Jateng.

Kasat Reskrim AKBP.Asep Mauludin menunjukan seragam yang dibuat pelaku untuk menyakinkan korbannya.

Pelaku segera membuat surat keterangan palsu yang menyatakan korban diterima menjadi ASN di Pemrov Jateng”, tambahnya.
Pelaku juga menyiapkan seragam yang dibelinya serta surat- surat untuk menyakinkan korbanya.

“Untuk surat-surat pelaku mengaku buat sendiri dengan belajar dari google. Stempel dan baju seragam dia pesan”, pungkasnya.

Atas perbuatannya pelaku akan dijerat pasal 378 KUHP jo pasal 372 KUHP tentang penipuan dengan ancaman penjara 4 tahun.**Sefrin