Tajam News

Jateng Dua Hari di Rumah Saja, Petugas Gabungan Berpatroli Pagi Sampai Malam

Rembang,mediatajam.com – Dalam pelaksanaan Jateng dua hari di rumah saja di Kabupaten Rembang pegawai di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dikerahkan membantu TNI, polri dan Satpol PP untuk penegakan protokol kesehatan. Masing- masing OPD dibagi ke tiap kecamatan dari pagi sampai malam, ada sebagian yang di tempatkan ke sejumlah titik yang dinilai rawan kerumunan.

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Rembang sekaligus Humas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rembang , Arief Dwi Sulistya mengatakan ada yang satu hingga dua OPD memback up Satgas Covid-19 Kecamatan. Mereka bergerak memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap di rumah saja pada tanggal 6 dan 7 Februari.

” Tempat- tempat kegiatan perekonomian dan orang- orang yang keluar untuk pemenuhan kebutuhan pokok itu dipersilahkan dan dihimbau untuk setelah itu bisa segera pulang ke rumah masing- masing, ” ujarnya.

Selama pantauan mobilitas masyarakat cukup berkurang dari hari- hari biasanya. Kondisi sejumlah pasar di hari pertama yakni Sabtu tanggal 6 Februari cenderung agak sepi, dan tanggal 7 Februari lebih banyak pengunjung itupun tidak seramai biasanya.

Pengawasan khusus dilakukan di pasar- pasar , mengingat merupakan pusat perekonomian masyarakat. Petugas mengawasi pengunjung dan pedagang apakah mentaati protokol kesehatan atau tidak.

“Ketika dijumpai potensi kerumunan maka petugas mengingatkan, menghimbau untuk mematuhi prokes. Begitupun dengan pemakaian masker, ” imbuhnya.

Di Minggu pagi patroli petugas menghimbau sejumlah pemuda di alun- alun yang asik nongkrong tanpa memakai masker. Saat ditanya petugas mereka beralasan usai berolahraga.**SAN