Tajam News Hukum

Kasus Pungli SIPI ,Kepala Pelabuhann Perikanan Pantai Tasik Agung Akhirnya Ditahan

REMBANG,MediaTajam. Com _ Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasikagung Rembang Sukoco akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres Rembang .Penetapan tersebut dilakukan setelah melalui beberapa pemeriksaan dan pengembangan kasus pungutan liar oleh Agus Hari Prabowo beberapa waktu lalu.

Berdasar informasi yang dihimpun awak mediatajam.com penetapan sebagai tersangka tersebut melalui gelar perkara yang dilakukan oleh jajaran Satreskrim Polres Rembang pada  Jum’at tanggal 6 Oktober 2017 pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, dugaan perkara yg dipersangkakan pungutan liar dalam pengurusan surat keterangan perpanjangan SIPI bagi kapal perikanan di  Rembang yang terjadi pada hari senin 14 Agustus 2017 di Ruang Kasi Kesahbandaran Pelabuhan Perikanan Pantai Tasikagung Rembang.

Kemudian pasal yang dipersangkakan yakni Primair Pasal 12 huruf e subsidair Pasal 11 UU No 31 Th 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi (Tipikor) yang diubah dengan UU No 20 Th 2001 jo Pasal 55 KUHP ancaman pidana minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Berdasarkan hasil gelar perkara tersebut telah disepakati bahwa tersangka Sukoco bin (alm)  Soerdjono Atmo setelah melalui proses penyidikan berdasarkan Sprin Sidik Nomor : Sp. Sidik /111.a/ IX/ Reskrim Tanggal 26 September 2017 penyidik telah menpumpulkan beberapa alat bukti.

Adapaun alat bukti yang ditemukan yakni berupa Keterangan saksi saksi sejumlah 10 saksi dan Saksi dari Kabid Perijinan dari Dinas Kelautan Provinsi, uang tunai 50.000.000, uang tunai 15.000.000, satu unit Hp yg digunakan untuk percakapan. Selain itu juga ada petunjuk berupa keterkaitan antara keterangan saksi saksi dengan barang bukti,  keterangan saksi dibenarkan dengan saksi lainnya, keterkaitan antara keterangan saksi dengan tersangka.

Dengan lebih dua alat bukti yang berhasil dikumpulkan penyidik, untuk memperoleh bukti berupa Keterangan tersangka saat penyidik melakukan gelar perkara untuk penetapan tersangka dengan pemanggilan terhadap tersangka dengan Surat Panggilan Nomor : S. Gil/ 189 / X / 2017/Reskrim tertanggal 6 Oktober 2017.

Undangan tersebut untuk dihadiri  pada Senin 9 Oktober 2017 guna dimintai keterangan lebih lanjut.

Kasatreskrim Polres Rembang AKP Ibnu Suka mengatakan bahwa saat ini tersangka Sukoco telah ditahan .**Hasan Yahya