Tajam News

Kayu Sonokeling Mahal , KPH Mantingan dan KPH Kebonharjo Tingkatkan Patroli Keamanan Hutan

Rembang,mediatajam.com – Guna mengantisipasi pelaku illegal logging Perum Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan bersama KPH Kebonharjo gencar melakukan patroli gabungan Kamis (29 April 2021) malam

Dalam patroli gabungan malam itu puluhan Pasukan Polisi Hutan (Polhut) melakukan penyisiran di jalan-jalan yang kerap dilalui oleh para pelaku illegal Logiing lintas KPH.
Peningkatan patroli itu dilakukan mengingat mahalnya harga kayu Sonokeling dan sangat tingginya permintaan pasar .
Atas kondisi itu polhutkam terus-menerus melakukan patroli preventif secara masif dan berkelanjutan.

Administratur (Adm) KPH Mantingan melalui Wakil Administratur Dwi Anggoro Kasih dalam keterangan rilisnya yang diterima mediatajam.com menjelaskan patroli bersama yang melibatlan Polhut tetangga ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan illegal loging di kedua daerah yang rawan .
Sehingga , peningkatan pengamanan  hutan perlu dilakukan secara preventif dan represif untuk penguatan kapasitas kelembagaan dalam pengamanan hutan secara bersama-sama.i” terang Anggoro

“Mengingat luas kawasan hutan dan tingginya interaksi masyarakat pada hutan, intensitas patroli kawasan tentunya harus ditingkatkan.
Kegiatan patroli hutan ditingkatkan melalui perondaan dengan identifikasi potensi dan permasalahan dalam kawasan hutan dan para penampung hasil illegal logging.” Ungkap Anggoro

Sementara itu Adm Kebonharjo Joko santoso melalui Waka administratur Titus Ariyanto mengatakan untuk mempersempit ruang gerak pelaku tindak pidana kehutanan kegiatan patroli gabungan harus dilakukan secara masif dan terus-menerus.
Selain dengan patroli pengamanan,upaya preventif juga dilakukan melalui penyadaran masyarakat lewat lemabaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) “ terangnya

“Dalam upaya pengamanan hutan bersama ini tentunya kami berkordinasi dan melibatkan pihak eksternal seperti TNI dan Polri.
Adapaun rute patroli yang kami lakukan tadi malam di daerah Tajen Kecamatan Pamotan dimana daerah tersebut merupakan jalur masuk kayu dari Gunem dan Trembes.
Selanjutnya untuk mengantisipasi kendaraan masuk dariJatirogo Tuban dan sekitarnya mulai tengah malam hingga dinihari kami melalukan patroli di daerah tengger Kecamatan Sale .”pungkasnya (Hasan Yahya)