Tajam News

Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun: Pers Tour Penting Sebagai Wahana Membangun Sinergitas

Bandung,Mediatajam.com– Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Perkumpulan wartawan online independen (PWOI), Kelompok Kerja (Pokja) Kabupaten Kendal melakukan kunjungan ke Kota Bandung untuk Press Tour, dalam rangka studi banding dan bimbingan teknis dengan Sekretaris DPRD Kota Bandung.

Kegiatan acara Dilaksanakan selama 2 hari,di tanggal 13-15 November 2020,Pertemuan Di Hotel Residencel “V” Kota Bandung,Jawa Barat,Minggu (14/11/2020)

Hadir narasumber Kabag Umum DPRD Kabupaten Kendal, Arif Musbichin dan Kasubag Humas Protokol DPRD Kota Bandung, Dayat Rudiatna.

Kabag Umum DPRD Kabupaten Kendal, Arif Musbichin mengatakan, anggaran untuk press tour dengan wartawan sudah dialokasikan, karena selama ini press tour sebagai agenda rutin kehumasan DPRD Kendal.

“Ini dalam rangka menjalin kemitraan dengan wartawan, juga memperluas wawasan para wartawan tentang potensi suatu daerah. Khususnya jajaran pemerintahan lain daerah,” kata Arif.

Sementara itu, Kasubag Humas Protokol DPRD Kota Bandung, Dayat Rudiatna menjelaskan, seperti di daerah lain, baik kabupaten maupun kota, Sekretaris DPRD Kota Bandung mempunyai tugas dan kewajiban membantu Wali Kota dalam menyelenggarakan administrasi kesekretariatan, administrasi keuangan, penyelenggaraan kehumasan dan protokol lingkup DPRD dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD.

Dalam kerja sama dengan media, pihaknya selalu berkoordinasi dengan sedikitnya 200 media massa, baik cetak, elektronik, maupun media online.

Salah satu Media Kedaulatan rakyat,Unggul disela diskusi menanyakan perihal Poin khusus yang menarik, Bagaimana Bisa membagi Semua media online,cetak dan televisi di 200 media,paparnya kepada kasubag Humas protokol DPRD Bandung bisa mengcover semua”,

Menurut sistem yang sudah berjalan, Dayat Rudiatna mengatakan,Kami adakan kerja sama seperti pembuatan advertorial dan pemberitaan program khusus serta iklan. Hal ini sesuai dengan program publikasi dan demi menjaga hubungan baik dengan media massa,”.

Untuk itu dalam perjalanannya, setiap media sudah diadakan verifikasi internal untuk kerja sama.

“Karena semua harus sesuai dengan ketentuan dan anggaran yang ditetapkan,” ujarnya.

Selain memaparkan program kerja Setwan DPRD Kota Bandung, Dayat Rudiatna memberikan pemaparan tentang kondisi Kota Bandung, baik ekonomi, sosial, budaya dan pariwisata.

Ketua DPRD Kabupaten Kendal, Muhamamad Makmun menegaskan, kegiatan press tour tentu penting sebagai wahana untuk membangun sinergitas antara DPRD dengan awak media.

“Dengan kegiataan ini bisa merekatkan tali silaturahmi dan terjalin kerja sama yang saling menguntungkan. Artinya kita bisa menjalin kekompakan antara DPRD Kendal dengan media massa. Karena peran media sangat penting bagi kinerja dan sosialisasi program DPRD Kendal,” ungkapnya.**Syfk