Tajam News

Lantik 29 Pejabat Fungsional, Begini Pesan Bupati

Rembang,mediatajam.com – Puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, hari Rabu (23/12), dilantik dan diambil sumpahnya menjadi pejabat fungsional. Pengambilan sumpah janji dipimpin oleh Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz di Aula lantai 4 kantor Bupati Rembang.

Bupati mengatakan atas nama Pemkab Rembang, mengucapkan selamat kepada pejabat fungsional yang baru saja dilantik.
Dengan jabatan baru Bupati berharap mereka dapat menjalankan amanah dan tugas dengan sebaik-baiknya sehingga dapat terus berkarya untuk kemajuan Kabupaten Rembang.

“Penyetaraan dari Jabatan Administrasi ke Jabatan Fungsional merupakan momentum bagi sivitas Pemerintah Kabupaten Rembang untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi. Hal ini tentunya menuntut ASN sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) di pemerintahan untuk memiliki keahlian dan berkompeten agar dapat bekerja dengan cepat, adaptif, dan inovatif,” imbuhnya.

Bupati menjelaskan dengan menjadi pejabat fungsional maka penilaian kinerja menjadi lebih fleksibel dan dapat mempercepat kenaikan pangkat. Pasalnya, Kenaikan pangkat pejabat struktural, tentunya harus menunggu 4 tahun. Tetapi sebagai SDM tenaga fungsional, bisa lebih cepat lagi karena sangat tergantung dari kegigihan, kemampuan, kapasitas, dan disiplin di dalam melaksanakan tugas-tugas.

Bupati mengingatkan sebagai seorang pejabat fungsional harus memilii high performance dan high commitment. Salah satu bentuk performance adalah dengan kinerja untuk melaksanakan tugas-tugas negara dengan sebaik-baiknya. Sedangkan komitmen seperti misalnya pengambilan sumpah jabatan untuk taat dan setia kepada Pancasila, UUD 45, NKRI serta pemerintah.

Ana Suhartati pejabat fungsional Satpol PP mengaku siap melaksanakan tugas sebaik-baiknya sebagai salah satu ujung tombak dalam pengendalian ketertiban masyarakat. Terlebih cepat lambatnya naik pangkat tergantung kegigihan pejabat fungsional itu sendiri dalam bekerja.

“Jelas harus siap meningkatkan kinerja. Karena cepat lambatnya naik pangkat tergantung banyak tidaknya kinerja di lapangan, salah satu penunjang pengumpulan angka kredit guna kenaikan pangkat dua tahun ke depan,” ungkapnya.

Berdasarkan data di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rembang, 29 ASN yang dilantik terdiri atas 4 auditor pertama, 10 polisi pamong praja pelaksana, 4 guru pertama dan 3 penata ruang pertama.

Selain itu juga dilantik analis keuangan pusat dan daerah, analis kepegawaian muda, arsiparis pelaksana lanjutan, polisi pamong praja pertama, dokter pertama, penera ahli pertama, penata ruang muda dan instruktur muda masing-masing 1 orang.**SAN