Tajam News

LAZIZ Jateng Luncurkan Truk Kemanusiaan Peduli Gempa Mamuju

Semarang,mediatajam.com – Peduli terhadap korban gempa bumi di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat , LAZIZ Al Ihsan Jawa Tengah (LAZiS Jateng) berencana memberangkatkan truk kemanusiaan untuk membantu korban bencana tersebut.

Doso Sutrisno, Direktur Eksekutif LAZiS Jateng mengatakan dengan ditetapkannya bencana Sulbar sebagai bencana nasional, membuat LAZiS Jateng memprioritaskan pemberian bantuan karena dampak kerusakan yang lebih besar.

“Rencananya truk kemanusiaan yang berisi bantuan logistik, sembako, obat-obatan dan bantuan lainnya akan diberangkatkan 12 Februari 2021. Mudah-mudahan bantuan ini dari Jawa Tengah ini bisa mengetuk kepedulian masyarakat untuk bisa membantu saudara kita di Sulawesi Barat,”katanya, Senin (25/1) di Kantornya.

Ia menambahkan, LAZiS Jateng juga sudah menyalurkan bantuan diantaranya memberangkatkan lima relawan dari unit kebencanaan Java Rescue pada 17 Januari 2021, melakukan evakuasi, membantu membersihkan puing-puing sisa gempa , mendirikan Posko Induk Peduli Mamuju di Jalan Soekarno Hatta, Karuna, Kota Mamuju, melakukan penyaluran logistik untuk warga terdampak, mendirikan dapur umum sinergi yang mampu menyediakan 1.000 porsi serta melakukan Psykological Aid First di barak penyintas SMP IT Buah Hati Mamuju.

Selain itu, LAZiS Jateng juga akan meresmikan 14 posko bencana di masing-masing cabang yakni di Semarang, Pekalongan, Tegal, Pemalang, Surakarta, Wonogiri, Sragen, Grobogan, Salatiga, Magelang, Temanggung, Kebumen, Wonosobo, dan Purbalingga.
Posko tersebut bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama membantu warga Sulawesi Barat dengan memberikan bantuan dalam bentuk dana maupun barang. Dari 14 posko tersebut responnya sangat bagus. Silakan manfaatkan posko-posko bencana yang telah disediakan di masing-masing cabang.

“Dengan energi kebaikan dari seluruh Sahabat Kepedulian, Insya Allah kita bisa bersama-sama bergotong-royong pulihkan kembali Sulawesi Barat, pulihkan kembali Indonesia,” pungkasnya.**sefrin