Techno

Mahasiswa Universitas Semarang (USM) terapkan Sistem Pendukung Keputusan di MTS AL-Azhar Wirosari Grobogan

Semarang,e mediatajam.com – Penunjang Sistem  Keputusan(SPK) adalah komputerisasi dalam proses peringkingan siswa oleh guru sekolah MTS AL-Azhar

Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Semarang (USM) mengkomputerisasikan proses Sistem pendukung Keputusan (SPK) dalam perengkingan siswa teladan di MTS AL-Azhar Wirosari Kabupaten Grobogan.M

Mahasiswatersebut ialah Muhammad Ridwan Hakim, Yussrizal Asygaf, Putri Destariani, dan Sinta Nur Hidayati menerapkan sistem pendukung keputusan dengan metode Arras berbasis desktop.

Muhammad Ridwan Hakim menjelaskan SPK dengan metode Arras ini adalah metode yang relatif kompleks dari alternatif yang layak berbanding lurus dengan efek relatif dari nilai dan bobot kriteria utama.

Dalam pengoprasianya. sistem pendukung keputusan ini, pihak guru hanya perlu memasukkan data berupa nilai rapot, presentase absen, nilai kepribadian dan kriteria-kriteria dengan bobot masing-masing yang dapat disesuaikan oleh pihak guru.

Sistem yang dibuat mahasiswa Sistem Informasi USM ini akan memproses sehingga menghasilkan ranking siswa teladan dari data yang diinputkan dengan menerapkan metode Arras tersebut.

Marsiah Moersilatoen, S.Pdi. selaku waka kurikulum di Mts Al-Azhar mengatakan “sebelumnya dalam meranking siswa disetiap kelas masih dengan cara manual atau belum terkomputerisasi sepenuhnya sehingga sangat memakan waktu yang panjang”

“Sistem pendukung Keputusan ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan pihak guru untuk menentukan ranking siswa teladan dan juga sebagai wujud pengabdian kami sebagai mahasiswa untuk menerapkan apa yang telah kami pelajari kepada masyarakat” ujar salah satu mahasiswa Sistem Informasi.

Sistem ini hanya membutuhkan aplikasi visual basic dan adobe pdf reader sebagai output pengolahan data pada perankingan siswa teladandi setiap kelas.**red