Tajam News

Menristek Bidik PRTS Sluke Jadi Klaster Inovasi Sumber Daya Alam

REMBANG,media tajam.com – Mentri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia membidik Pelabuhan Rembang Terminal Sluke (PRTS) di Desa Sendangmulyo Kecamatan Sluke untuk dijadikan klaster inovasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun media hal itu tertuang dalam surat Mentri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia
No : B/307/M/PI.01.01/2020 tertanggal 17 Juli 2020 yang ditembuskan kepada Bupati Rembang.

Di mana dalam surat itu menyebutkan bahwa akan merencanakan pembukaan klaster inovasi dan izin konsesi pelabuhan Rembang.

Dalam surat tersebut juga menyebutkan jika klaster inovasi itu nantinya akan difokuskan pada ketersediaan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki oleh Kabupaten Rembang

Dengan adanya bidikan itu, Rembang juga dinilai memiliki banyak potensi yang ada. Salah satunya yakni kota garam tersebut dinilai mempunyai sumber daya batu kapur yang melimpah. Namun hal itu belum bisa dikelola dengan baik. Selain itu juga ada bahan komoditas semen dan lainnya.

Sementara itu, untuk mendorong pembangunan Klaster Inovasi di pelabuhan itu, nantinya bisa dikerjasamakan dengan pihak investor/BUMD, pemerintah, perguruan tinggi. Yang mana, kegiatan itu dinilai sejalan dengan tugas Kemenristek/BRIN – RI untuk melangsungkan penelitian, penerapan bahkan pengambangan lebih maksimal demi kemajuan ekonomi di wilayah itu.

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz saat dikonfirmasi wartawan
Kamis (23/7/2020) mengatakan belum mengetahui adanya surat itu.

“Saya belum tahu. Jadi belum bisa memberikan tanggapan soal itu. Lha wong pelabuhan juga masih belum beres,”kata Hafidz,.(San)