Tajam News

Momen Hari Kartini, Bhayangkari Ranting Kangkung Tanam Sayur Dan Benih Nil

Kendal,MediaTajam.com- –  Dalam rangka menyambut momen Hari Kartini, Ketua Bhayangkari Ranting Kangkung Ibu Hj. Fitri Nurshita Dewi, M. Pd menggerakkan Anggota manfaatkan pekarangan Lahan kosong di sekitar Area Kantor Mapolsek Kangkung.

Kegiatan budidaya tanaman hortikultura meliputi tanaman sayuran, tanaman buah-buahan, tanaman hias, dan Benih Ikan Nilla. Ungkap Ibu Dewi Selaku Ketua Bhayangkari Ranting Kangkung. Rabu (21/4/2021).

“Untuk menerapkan program ini kedepan tetap berlanjut, Kita Harus bisa sinergi, Gotong Royong Bersama-sama untuk Ciptakan PEKARANGAN PANGAN LESTARI (P2L) dimasa Pandemi Covid-19, Imbuhnya.

Hadir Dalam Kegiatan Bhayangkari Ranting Kangkung, Kapolsek IPTU H. Agus Supriyadi, SH,MH beserta anggota Polsek dan ibu-ibu Bhayangkari.

Menurut Ibu Dewi, Program Pangan Lestari (P2L) ini merupakan Program Pusat diteruskan Bhayangkari Cabang Kendal,  Ine Raphael Shandy yang menginstruksikan kepada pengurus ranting untuk memanfaatkan lahan yang kosong untuk ditanami tanaman yang bermanfaat,tandasnya

Lanjutnya, Ibu Dewi mengatakan program ini sangat membantu nantinya bagi ibu-ibu untuk memanfaatkan lahan kosong dengan menanam tanaman hortikultura ini juga memiliki beberapa tujuan :

Pertama, untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga dan masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan pekarangan secara lestari.

Kedua, meningkatkan kemampuan keluarga dan masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan di perkotaan maupun perdesaan untuk budidaya tanaman pangan, buah, sayuran dan tanaman obat keluarga (toga).

Ketiga, mengembangkan sumber benih/bibit untuk menjaga keberlanjutan pemanfaatan pekarangan dan melakukan pelestarian tanaman pangan lokal untuk masa depan.

Keempat, mengembangkan kegiatan ekonomi produktif keluarga sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menciptakan lingkungan hijau yang bersih dan sehat secara mandiri.

Kapolsek Kangkung IPTU Agus Supriyadi SH, MH berharap, kegiatan Progam Pekarangan Pangan Lestari P2L, ini bisa dimanfaatkan hasilnya oleh Bhayangkari dan penghuni asrama sekitar, dan bisa juga sebagai sarana edukasi bagi semua Bhayangkari dan masyarakat dalam bercocok tanam di lahan sendiri.

Semua tanaman ini ditanam di bedeng yang kita buat di sekitar lokasi Polsek dan Depan halaman.

Tadi bisa lihat sendiri kawan-kawan media kita menanam berbagai macam varietas sayur — sayuran seperti sayur sawi, kangkung, bayam, terong, cabe dan Benih Ikan Nilla Sejumlah 600.imbuhnya

“Budidaya ikan Nilla mengunakan Teknologi Bioflok, dengan diameter 2 meter melingkar,Alasanya tidak mudah bocor,tidak makan tempat,awet dan terbukti produktif serta tidak mudah penyakitan”. Pungkas Kapolsek Iptu Agus.**(Syifa)