Peristiwa

Pelantikan Pengurus DPW APKLI Jateng dan Pengenalan Program GUMREGAH PALAPA Nusantara

Semarang,mediatajam.com – Program kerja yang inovatif dan sangat membantu kehidupan ekonomi rakyat kecil menjadi fokus utama Assosiasi Pedagang Kaki Lima ( APKLI ) yang baru saja di lantik ketua DPW APKLI Jawa tengah Dr Drs Hono Sejati SH M Hum masa Bhakti 2019-2024, Selasa 5 November kemarin.

Rombongan pengurus pusat DPP APKLI yang hadir di acara tersebut di antaranya, ketua umum DPP APKLI, dr. ALI MAHSUN ATMO, M. BIOMED yang juga Presiden PKR Indonesia didampingi Ketua DPP APKLI, Suseno Aji dan MEIHADIR Ahmad serta Wabendum DPP APKLI M Fahmi Dzulfiadi.

Dalam keterangannya Ketua umum DPP APKLI , Ali Mahsun memperkenalkan program yang beliau sebut dengan Gumregah Nusantara, dimana program ini nantinya didukung penuh oleh DPRD Jawa Tengah .

Pemprov Jawa Tengah juga akan bersinergi dalam beberapa hal mendasar dan strategis, diantaranya adalah :
1. Pengentasan Kemiskinan Diwilayah Jawa Tengah Khususnya Didaerah ZONA MERAH.
2. Menggerakkan roda ekonomi rakyat kecil – kawulo alit dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.
3. Program dan Skema Khusus Akses Permodalan Bagi Pelaku Ekonomi Rakyat Kecil – Kawulo Alit diwilayah Jawa tengah dengan bunga terendah dari Bank Jateng.
4 Pendirian Toko GUMREGAH PALAPA NUSANTARA dirumah penduduk dimana disetiap desa minimal 25 toko dan disetiap kelurahan minimal 50 Toko atau 232 ribu toko yang melibatkan 5 orang pemuda/mahasiswa per desa/kelurahan yang dikelola secara profesional dan integratif berbasis base on economy and base on business diseluruh wilayah Jawa Tengah,
b). Lembaga Keuangan yang Sahamnya Dimiliki Pelaku Ekonomi Rakyat Kecil sebagai solusi genuine mempermudah dan memperluas akses permodalan dan mengentaskan pelaku Ekonomi Rakyat Kecil – Kawulo Alit dari jeratan rentenir dan ijon,
c). Akses Fasilitas Usaha Produktif Kendaraan Roda Dua, Roda Empat dan Outboard Marine Bagi Pelaku Ekonomi Rakyat Kecil – Kawulo Alit diseluruh wilayah Jateng, d). Fasilitas Ibadah Umrah dengan pembiayaan dicicil bagi rakyat diseluruh Jawa Tengah, dan,
e). Realisasi Lima Pilar Revolusi Ekonomi Rakyat Nusantara diseluruh wilayah Jawa Tengah Untuk Memperkokoh Kemandirian Perekonomian Rakyat dan Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah.

Langkah strategis APKLI ini juga di sambut positif oleh beberapa tokoh LSM Jawa Tengah diantaranya KH R Abah Sulthon Basyaiban, pendiri sekaligus ketua Umum Aliansi Tajam, dalam keterangannya beliau menyampaikan mendukung penuh apapun inisiatif dan upaya upaya yang fokus dalam peningkatan ekonomi rakyat, dalam hal ini juga pendampingan hukum bagi para pedagang supaya tidak selalu menjadi korban kepentingan politik maupun tindakan aparat Pemda yang seringkali main gusur tanpa memikirkan aspek kemanusiaan.

Abah Sulthon juga meminta instansi terkait maupun DPRD , dan para pengusaha di Jawa Tengah untuk ikut bersinergi.

Setelah acara pelantikan ini rencananya ketua umum DPP APKLI dan jajaran pengurus lainya akan bersafari bertemu dengan tokoh tokoh di Jawa Tengah, DPRD dan mengagendakan Audiensi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. # Alamsyah