Tajam News

Pemkab Bersama Polres dan Kodim Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Rembang,mediatajam.com – Polres dan Kodim 0720 Rembang serta Pemkab Rembang menggelar apel kesiapsiagaan penanganan bencana, di halaman Kantor Bupati Rabu (28/10). Apel juga diikuti jajaran personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, dan sejumlah relawan.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang Imam Maskur mengatakan, apel yang melibatkan berbagai unsur ini sebagai wujud kesiap-siagaan Pemerintah Kabupaten dalam mengantisipasi segala bentuk kemungkinan akan datangnya bencana alam, memasuki musim penghujan.

Apalagi wilayah Kabupaten Rembang memiliki potensi bencana alam, tanah longsor, angin puting beliung, dan sebagian wilayah banjir saat datang musim penghujan.

“Kalau soal alat Insya Allah sudah mencukupi untuk mendukung 14 kecamatan, mudah-mudahan tidak ada bencana. Karena disini potensi longsor ada, puting beliung ada, tidak kalah penting laut semoga gak ada bencana,” jelasnya.

Meski di Rembang sudah mulai turun hujan, ada puluhan Desa yang masih mengalami kekeringan. Plt Kepapa BPBD Rembang Budi Asmara menyebut pihaknya masih rutin mengirim bantuan air ke warga di puluhan desa yang kesulitan mendapatkan air bersih.

“Ada 67 desa yang meminta bantuan air bersih. Sampai saat ini sudah 808 tangki air yang kita salurkan,” katanya.

Usai apel, Forkopimda mengecek satu persatu peralatan yang digunakan untuk penanganan bencana untuk memastikan semuanya dalam keadaan siap pakai. Seperti alat yang digunakan untuk menangani kebencanaan laut, banjir, tanah longsor, dan kendaraan pengangkut serta ambulan milik TNI dan Polri, serta PMI.**SAN