Tajam News

Pemkab Revisi Perbup Pilkades , Bupati Rembang Minta Warga Kondusif

REMBANG,mediatajam.com – Peraturan Bupati nomor 24 tahun 2019 menyangkut Pilkades yang akan digelar serentak pada tanggal 6 November 2019 di 237 desa, akhirnya direvisi oleh Pemerintah Kabupaten Rembang.

Poin dalam Perbup terkait jumlah maksimal bakal calon Kepala Desa sebanyak lima orang diralat setelah derasnya gelombang protes masyarakat.
Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Rembang, Nur Purnomo Mukdi Widodo Selasa (10/9) membenarkan adanya revisi Perbup no 24 tahun 2019.
Pada aturan sebelumnya, jika ada bakal calon kepala desa lebih dari 5 orang, bakal calon diranking berdasarkan perhitungan nilai menurut variabel usia, pendidikan dan pengabdian di lembaga pemerintah. Sedangkan hasil revisi Perbup ditambah dengan tes tertulis. “Di Kabupaten Rembang semula ada 22 desa yang memiliki bakal calon Kades 5 orang lebih,” ungkapnya.
Pemkab rembang atas adanya revisi tersebut, kata Nur Purnomo, segera mensosialisasikan kepada 14 Camat, di lantai IV Kantor Bupati, kemarin.

Sementara itu, atas terjadinya polemik di tengah masyarakat akibat aturan tersebut, Bupati Rembang Abdul Hafidz angkat bicara. Dirinya menegaskan Perbup dibuat bukan kehendak pribadi. Apalagi jika sampai ada motif ‘permainan’ di balik aturan tersebut.

Bupati menegaskan, Perbup dibuat berdasarkan peraturan yang ada di atasnya, seperti Peraturan Menteri Dalam Negeri dan hal itu dijamin oleh Undang-undang.

Dia pun mengajak agar masyarakat agar dapat memahami aturan tersebut, serta digunakan sebagai dasar penyelenggaraan pemilihan Kepala Desa tahun ini.

“Peraturan Bupati merupakan Produk yang didasari Peraturan Menteri Dalam Negeri. Salah satunya adalah calon kepala desa minimal dua, maksimal lima, itu bunyinya peraturan dari atas. Jadi kami dari Kabupaten hanya copy paste dari peraturan yang ada,” katanya.

Bupati mengajak masyarakat agar tetap menciptakan iklim yang kondusif ditengah suasana pesta demokrasi di tingkat desa.(san)