Tajam News

Pengawal Panglima Besar Sudirman Masa Perang Itu Kini Tempati Rumah Baru,PPM Jateng Ikut Bangga

Semarang.Mediatajam.Com.Kapten CPM Purn.Sanjoto (90) warga Jalan Blimbing Raya No 34 RT 01/RW IV Kelurahan Peterongan Semarang yang merupakan veteran pejuang kemerdekaan pagi ini bisa menikmati rumah pribadi yang telah direnovasi dengan hasil prima oleh Denpom IV-5 Semarang bekerjasama dengan REI Jateng Selasa (25/11/2020).

Komandan Denpom IV/5 Semarang, Mayor CPM F Okto Femula yang juga merupakan ketua bedah rumah mengatakan,Bahwa pelaksanaan bedah rumah ini memakan waktu selama dua bulan dengan mengerahkan prajurit CPM dan tenaga REI Jateng.

“Biaya menghabiskan Rp 250 juta, Selain renovasi juga semua perabot rumah diperbarui atas perhatian dan bantuan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ,Semua kegiatan itu untuk menghargai jerih payah veteran perang.”jelas Okto.

 

Menurut Okto,Kapten CPM Purn Sanjoto adalah veteran pejuang kemerdekaan yang pada masa perang adalah pengawal Panglima Besar Jenderal Sudirman. Salah satu kisah heroiknya adalah meledakkan jembatan Nguter untuk menghambat laju Belanda.

“Rumah yang dibedah ini berada di Jl Belimbing Raya Semarang.Rumah ini pun memiliki catatan penting. Pada masa pemberontakan PKI 1965 pernah dipakai transit gembong PKI, DN Aidit. Tentu saja ketika itu rumah belum dihuni Pak Sanjoto.”ungkapnya.

Di ketahui,Pagi ini kunci rumah diserahkan secara simbolis oleh Kasdam IV Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono.Hadir pula Pj Walikota Tavip Suptiyanto, Kadinas Sosial Jateng Harso Susilo mewakili Gubernur Jateng.Sekjen LVRI Pusat Marda TNI Purn FX Soejitno yang didampingi pengurus LVRI pusat Sudadi Idad Serta KAMADA LVRI JATENG Kolonel TNI purn Amin Munadjat,M.si dan Pimpinan Daerah (PPM)Pemuda Panca Marga Jawa Tengah.

Sementara Pejuang veteran CPM Pur. Sanjoto (90) menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memperhatikan dirinya. Dan dirinya merasa bangga dan bersyukur atas direhabnya kediamannya.

“Rumah ini sudah saya tempati sejak tahun 1970. Sebelum direnovasi, rumah saya sering bocor dan banjir karena kucuran air dari genteng bocor,”kata Sanjoto bangga.

Pada kesempatan tersebut Kapt CPM Purn Sanjoto juga menitip pesan kepada anak anak biologis Veteran yaitu Organisasi Pemuda Panca Marga agar terus mewarisi nilai nilai juang dan semangat pertempuran dalam ikut berperan mengisi pembangunan di Negeri ini.

“Salam untuk teman-teman PPM Jawa Tengah.”ucapnya yang disampaikan kepada Kamada PD PPM Jawa Tengah Hj Gatyt Sari Chotijah yang didampingi Sekretarisnya Adhi Siswanto Wisnu Nugroho di lokasi penyerahan.

“Saya sebagai anak biologis dari veteran juga ikut bangga dan mengapresiasi apa yang telah di lakukan pemerintah dalam hal ini Gubernur Jateng dan semua yang terlibat,membangun merenovasi rumah veteran pejuang kemerdekaan ayahanda Kapten CPM Purn.Sanjoto ,”imbuh Hj.Gatyt*Tomo