Tajam News

Pengurus Baru PAMSIMAS Desa Ngerjo: Akan Tingkatkan Pelayanan Masyarakat Dengan Baik

Kendal,mediatajam.com –Pemerintah Desa Ngerjo melaksanakan Musdes pembentukan Kelompok Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BPSPAMS) dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Aula Balai Desa Ngerjo, Kecamatan Ringinarum Kabupaten Kendal Senin ( 15/2/2021 ).

Hadir dalam acara tersebut, Kades Ngerjo Isnaeni Alnas, Babhinkamtibmas Polsek Gemuh, Babhinsa Koramil,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda dan Perangkat Desa Ngerjo.

Hasil Musdes
Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Sumber Makmur adalah peresmian sumur baru dan Pergantian pengurus baru periode 2021 – 2025 dan salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia (World Bank) untuk dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota, Ungkap Kepala Desa Ngerjo, Isnani

“Program Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan jumlah fasilitas pada warga masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah perdesaan dan peri-urban. Dengan Pamsimas, diharapkan mereka dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.
Penerapan program ini dalam rangka mendukung pencapaian target MDGs (sektor air minum dan sanitasi) melalui perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat,”pungkasnya.

Sementara Ketua terpilih, Pamsimas Sumber Makmur Rohmat mengatakan, “Pengurusan baru ini berkomitmen melakukan pelayanan lebih baik yang sementara ini ada 160 pelanggan dengan biaya per meter kubik hanya 1500 rupiah dan akan melakukan perbaikan perbaikan pipa peralon yang rusak” , kata Rohmat.

Abdul Rohim (50) salah satu warga mengungkapkan, Masyarakat sangat berterimakasih atas adanya pamsimas di kampungnya.

“Saya sangat bergembira dan berterimakasih kepada program pemerintah berupa pamsimas yang ada di kampung kita, mengingat sangat sulit mendapatkan air bersih di saat musim kemarau”.pungkasnya.(Syifak)