Tajam News

Perhutani Mantingan Kucurkan Dana PKBL Senilai Rp 75 Juta Pada 7 Mitra Binaan

REMBANG,mediatajam.com – Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan mengucurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) tahun 2020 kepada 7 orang mitra binaan sebesar Rp 75 juta bertempat di Kantor Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Demaan Desa Sulang Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang.

Hadir pada penyerahan PKBL Dwi Anggoro Kasi Waka Administratur KPH Mantingan turut mendampingi Sugiyanto Kepala Tata Usaha ,Camat Sulang Slamet Haryanto, Kepala Desa Sulang Rubiyanto , Suparlan Ketua Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Rembang ,Budi suharto Badan Pengawas Desa Sulang (BPD) Jum,at (11/12).

Administratur KPH Mantingan Widodo Budi Santoto melalui Waka Administratur Mantingan Dwi Anggoro Kasih menyampaikan agar para penerima Modal dengan bunga sangat ringan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya ,utamanya untuk menambah modal usaha.

Program PKBL diambilkan dari dana Corporate Social Responsibilyti (CSR) yang merupakan keuntungan sebuah Perusahaan dimana sebagaian dipergunakan untuk kegiatan Sosial Kemasyarakatan bagi yang punya usaha.

Penerima Dana PKBL yang juga merupakan anggota LMDH bisa mengembangkan usahanya sehingga menjadi maju dan berkembang serta dana yang diberikan dapat dimanfaatkan secara optimal.jangan untuk mbangun Rumah ”kelakarnya”.

Lanjut Dia kalau dana PKBL ini dengan Bunga sangat ringan sekali bila dibandingkan dengan Bunga Bank. Anguran pertama baru dimulai setelah 6 bulan dengan bunga 0,1 persen per tahunnya. Jadi jangan samapi macet dan tidak mengansur. Sampai Tahun 2019 kridit macet PKBL Mantingan mencapai sekitar 400 jutaan.
Sementara itu Camat Sulang Slamet Haryanto menyampaikan apresiasinya kepada pihak Perhutani atas jalinan kerjasama yang baik dengan masyarakat sekitar hutan melalui bantuan dana program kemitraan.

Selanjutnya Bunbun menghimbau agar mitra binaan dapat menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan usahanya demi meningkatkan kesejahteraan, sehingga dapat melakukan pengembalian pinjaman secara tepat waktu.

Supaya pinjaman untuk tahun yang akan datang lebih meningkat jumlahnya.”Lanjut dia, nantinya banyak masyarakat kecamatan Sulang ini lebih banyak yang mendapatkan pinjaman lunak melalui PKBL di Perhutani KPH Mantingan .
Ia juga berharap kepada Perhutani lebih selektif dalam memberikan Pinjaman kepada Masyarakat yang betul-betul punya usaha.

Jangan sampai nanti ada peminjam modal pakai atas nama orang lain, yang nantinya kesulitan mengembalikan. jangan sampai kredit yang sudah diperingan bungannya jadi pinjaman macet.”kelakarnya. Tolong pak Kepala Desa yang hadir disini ikut mengingatkan warganya supaya pinjaman yang sudah ada dimanfaatkan betul untuk kemajuan usahanya.” pungkasnya.

Subakir anggota LMDH Wana Indah salah sau penerima dana PKBL mengucapkan terima kasih kepada Perhutani. Karena bungannya sangat ringan sekali. makanya kami mengajukan pinjamam di Perhutani.

ini akan kami gunakan untuk pengembangan bengkel mobil saya di desa Mantingan. kebetulan bengkel saya dekat dengan jalan raya Rembang Blora. Enam penerima dana PKBL lainya Anik Ernawati desa Kaliombo,Siti Kurniatun Sulang,Hafsoh Panohan,Siti Anisah desa Ngadi Purwo Kabupaten Blora,Pujiati desa Gaplokan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. masing-masing menerima 10 juta rupiah dan 1 orang terima 15 juta rupiah. **SAN