Tajam News

Peristiwa Kebakaran Ratusan Kali , Damkar Rembang Himbau Masyarakat Hati Hati Nyalakan Api

REMBANG,mediatajam.com – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) kembali mengingatkan kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dengan resiko kebakaran saat menyalakan api, terlebih di masa kemarau panjang yang belum usai.

Pasalnya, sejak awal tahun ini telah terjadi ratusan insiden kebakaran di Kabupaten Rembang. Mulai dari kebakaran lahan, rumah, fasilitas umum dan lain sebagainya.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Kabupaten Rembang, Wiyoto mengatakan, terjadi sebanyak 108 kali kebakaran di Kabupaten Rembang tercatat sejak awal tahun 2019 ini. Bahkan pada Senin (7/10) kemarin, ada 3 kejadian beruntun di lokasi berbeda.

Dia menyebutkan, kebakaran paling banyak terjadi pada area lahan. Sedangkan titik lokasi didominasi wilayah Kecamatan Rembang kota dan Kecamatan Kaliori.

“Paling banyak lahan, baru kemudian rumah warga. Terkait lokasi paling banyak pertama di wilayah kota Rembang, kedua di Kecamatan Kaliori,” terangnya.

Pihaknya mengakui adanya peningkatan intensitas musibah kebakaran di wilayah Kabupaten Rembang, baru-baru ini. Bahkan pada bulan September kemarin, kejadian kebakaran dalam sehari mampu mencapai 3 sampai 5 kejadian kebakaran di berbeda titik lokasi.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat jangan membersihkan sampah dengan cara dibakar disaat musim panas seperti sekarang ini. Api yang kecil akan cepat menjadi besar dan sangat berbahaya. Apalagi dekat pemukiman,” pungkasnya.(san)