Tajam News

Polda Jateng Gelar Pakta Integritas Penerimaan Taruna Akpol dan Tamtama TA 2020

Semarang,mediatajam.com – Biro Sdm Polda Jateng menggelar pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta Integritas dalam rangka seleksi Penerimaan Polri TA. 2020 untuk Taruna Akpol dan Tamtama di aula lt.2 Mapolda Jateng pada Kamis (02/07/2020).

Acara tersebut dipimpin oleh Wakapolda Jateng Brigjen.Pol.Abiyoso Seno Aji, SIK yang didampingi oleh Irwasda Polda Jateng Kombes Pol. Mashudi, Karo SDM Kombes.Pol.Drs.Iriansyah,SH,Kabag Dalpers AKBP.Antonius  Anang Tri K yang diikuti oleh panitia Internal, pengawas eksternal dari LSM Aliansi Tajam dan perwakilan peserta serta orang tua wali peserta.

Karo SDM Polda Jateng Kombes Pol. Drs.Iriansyah, menjelaskan setelah terjadi penundaan secara nasional karena adanya pandemic Covid-19, Polda Jateng kembali menggelar seleksi dengan mengutamakan protokol Kesehatan, dan memegang tegas system BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dan Clean and Clear.

“tahapan seleksi akan menerapkan Protokol kesehatan Covid-19, baik test teori maupun praktek. Untuk jumlah peserta tahun ini Akpol 726 orang, Tamtama brimob 382 dan polair 32,” jelas Karo Sdm Polda Jateng.

Kombes.Iriansyah menambahkan, panitia nantinya akan dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD),sedangkan untuk peserta seleksi wajib menggunakan masker mencuci tangan,dan tentunya akan dilakukan pengecekan suhu tubuh.

“Jika dalam pelaksanaan seleksi terdapat peserta yang memiliki suhu tubuh tinggi, kita akan melaksanakan protokol penanganan Covid-19,” tambahnya.

Wakapolda Jateng Brigjen.Pol.Abiyoso Senoaji yang mewakili Kapolda Jateng dalam sambutannya mengatakan, jika proses penerimaan ini tetap dilaksanakan secara clear and clean karena melibatkan beberapa pengawas baik internal maupun eksternal.

“Sistem BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dan Clean and Clear tetap kita utamakan, saya yakin teman-teman panitia penerimaan baik internal dan eksternal sangat menjunjung itu dan tetap melaksanakannya dengan baik,” katanya.

Ada beberapa tahapan dalam seleksi penerimaan diantaranya Pemeriksaan administrasi awal, Pemeriksaan Kesehatan tahap I, Pemeriksaan Psikologi Tahap I, Uji Jasmani, Uji Renang, Anthropometri, Uji Akademik, Pemeriksaan Kesehatan Tahap II, Penelusuran Mental Kepribadian dan Psikologi Tahap II, Administrasi Akhir, dan Sidang Kelulusan Akhir.

Ketua DPP LSM Aliansi Tajam bersama Wakapolda Jateng Brigjen.Pol.Abiyoso Senoaji dan Karo SDM Kombes.Pol.Iriansyah usai pelaksanaan pakta Integritas.

Sementara itu Ketua DPP LSM Aliansi Tajam KH.Abah Sulthon Basyaiban yang ditunjuk sebagai pengawas eksternal dalam penerimaan anggota polri menyatakan siap memantau jalannya rekruitmen anggota polri di tingkat Polda Jateng.

“Sebagai lembaga non pemerintah yang dipercaya sebagai pengawas eksternal dalam penerimaan anggota polri,kita siap melaksanakan tugas pengawasan itu dengan baik dan sesuai prinsip BETAH yang didengungkan oleh Polri.Saya menilai bahwa proses rekruitmen polri sudah transparan dan semakin baik,” kata Abah Sulthon.**sefrin