Tajam News

Produksi 3.500 Botol Hand Sanitizer , UNNES Bagikan Gratis Dikampusnya

Semarang,mediatajam.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah memproduksi 3.500 Botol hand sanitazer untuk dibagikan ke civitas kampus secara gratis. Hingga kini produksi terus dilakukan untuk dibagikan ke masyarakat umum sebagai bentuk pencegahan tertular virus corona.

Ketua Tim Satgas Covid-19 Unnes Dr Yuni Wijayanti MKes kepada awakmedia menyampaikan, Produksi Hand Sanitaser dibuat di tiga Fakultas, yakni MIPA, Fakultas Teknik Produksi dan Fakultas Ilmu Keolahragaan.

“Produksi dilakukan oleh tim yang beranggotakan dosen dan pranata laboratorium dan mahasiswa yang mempunyai kompetensi di bidang kimia,” terangnya di lab Jurusan Pendidikan Kimia, Kamis (26/3/2020).

Untuk kualitas hand sanitizer produksi Unnes Dr Yuni memastikan telah sesuai dengan standart dari World Health Organization (WHO). Disisi lain kendala produksi pada keterbatasan bahan yang sulit didapatkan.

“Di toko kimia bahan pembuatan hand sanitizer sulit didapatkan, kalau ada bahan kami akan terus produksi,” tambahnya.

Selain hand sanitizer, Dekan Fakultas Teknik Dr Nur Qudus MT Unnes juga mengungkapkan telah memproduksi 4500 masker non medis dari bahan katun. Setidaknya dalam sehari 9 mahasiswa dari tata busana Unnes dapat memproduksi 200 masker.

“Masker produksi kami terbuat dari bahan katun agar dapat dicuci ulang mengingat masker dibeberapa toko hingga kini masih langka dan terbilang cukup mahal,” ujarnya.

Desain masker dijelaskan Dr Nur terdapat dua lapis dengan lubang dibagian dalam untuk dapat dilapisi dengan tisu atau dibuka sesuai dengan kebutuhan pemakai. Menurutnya, dengan desain dua lapis dapat memberi alternatif kepada masyarakat terkait pengunaan masker yang selama ini hanya satu lapis.

“Untuk produksi kami memilik 25 mesin jahit, namun hanya digunakan 9 karena kami menerapkan Social distance,” tandas Dr Nur.**sefrin