Tajam News

Puluhan Tahun Terbengkalai , Embung Gawan Bajing Jowo Sarang Bakal Jadi Tempat Wisata

REMBANG,mediatajam.com – Puluhan santri dan warga masyarakat Desa Bajing Jowo Kecamatan Sarang bersama BPBD Rembang serta Balai PSDA Seluna Jawa Tengah , serta Muspika Sarang menggelar kerja bakti membersihkan ribuan enceng gondok yang tumbuh liar di Embung Gawan Senin pagi (22 /3)

Embung yang dibersihkankan itu rencananya akan disulap menjadi pusat wisata air dan pengolahan air baku .

Kepala Desa Bajing Jowo Mastain disela -sela kegiatan kerja bakti mengungkapkan, embung Gawan ini sudah lama terbengkalai dulu luasnya
4 hektare.
Namun , karena ada salah pemanfaatanya luasan embung berkurang menjadi 2 hektar akibat beberapa masyarakat melakukan reklamasi untuk didirikan bangunan.

“Untuk kedalaman embung ini di bagian tengah bisa mencapai 12 meter.
Saat ini untuk tahap awal, kami bersihkan dulu enceng gondok.
Ke depan kami akan gunakan sebagai tempat wisata dan pengolahan air baku.
Sebab, saat musim kemarau tiba masyarakat di sini sering kekuarangan air,” terang Mastain.

Sementara itu Camat Sarang, Muttaqin menyatakan kesiapannya memberikan fasilitas kepada desa perihal aspek administratif.
Berdasarkan penelusurannya, embung tersebut tidak masuk dalam aset kabupaten, provinsi atau pusat.

Sehingga, pihaknya berinisiatif akan menguruskan sertifikat melalui BPN. Harapannya, lahan tersebut bisa menjadi aset desa yang kemudian dioptimalkan untuk kepentingan masyarakat, baik untuk wisata atau pemenuhan kebutuhan air

“Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Air Dunia. Kami siap memberikan fasilitas kepada desa untuk aspek adimistrasi, terkait dengan sertifikat. Selama ini embung banyak direklamasi dan digunakan sebagai bangtunan yang akhirnya ada sertifikatnya,” jelas Muttaqin.

Kepala Balai PSDA Seluna Jateng, Agus Purwanto saat dikonfirnasi wartawan mengatakan , pembersihan embung tentunya akan dilakukan dengan menggunakan alat berat amfibi.
Rencananya, PSDA Seluna akan melakukan pembersihan selama
10 hari ke depan.

“Senin ada 7 lokasi embung yang menjadi sasaran bersih-bersih, termasuk di Bajing Jowo ini .
Kami ingin ada pemanfaatan embung untuk hal lebih baik . Kegiatan ini juga sebagai edukasi kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain melakukan aksi pembersihan, juga dilakukan tebar benih ikan nila sebanyak 3.000 ekor.
Harapannya, revitalisasi bisa segera dilakukan sehingga Embung Gawan bisa menjadi salah satu lokasi eksotis dan bermanfaat bagi masyarakat .(San)