Tajam News

Resmikan Gedung RTMC, Ditlantas Polda Jateng Mulai Berlakukan Sistem ETLE

Semarang,mediatajam.com – Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah meresmikan gedung RTMC (Regional Traffict Managemen Control) di gedung Ditlantas lt.3 Mapolda Jateng. Tempat ini berfungsi untuk mengontrol kondisi lalu lintas di pusat kota yang terintegrasi dengan CCTV yang telah terpasang.

Kombes.Pol.Rudy Antariksa Dirlantas Polda Jateng mengatakan, Ditlantas Polda Jateng akan melaksanakan sistem ETLE ( Electronic Traffic Law Enforcement) atau penindakan hukum berdasarkan pelanggaran yang terekam dari kamera pengawas atau CCTV yang telah terpasang di sejumlah titik.

“Rencana kita akan memasang kamera CCTV di delapan titik ramai di kota Semarang ini.sementara yang sudah aktif ada di jalan Pandanaran satu menghadap ke Simpanglina satunya hadap ke jl.Pekunden”, terang Dirlantas saat peresmian gedung RTMC Senin siang (13/01/20).

Rudy menjelaskan, dengan adanya CCTV yang langsung terhubung dengan ruang RTMC Polda Jateng itu akan terpantau pelanggaran yang dilakukan para pengguna jalan.

“Jadi nanti para pengguna jalan yang terjepret kamera tidak pakai sabuk pengaman, melanggar larangan parkir, main hp sambil menyetir, melanggar garis marka atau tidak pakai helm akan tercatat pelanggarannya melalui nomer kendaraan yang dipakai. Setelah terekam otomatis keluar pelanggarannya apa dan akan keluar surat teguran yang akan dikirim petugas kita ke rumah pelanggar”, jelasnya.

Para pemilik kendaraan yang belum balik nama tentu akan menerima resikonya jika kendaraan tersebut dipakai pemilik baru namun belum di balik nama tentu pemilik lama yang keluar dalam saya pelanggaran tersebut.

” Karena itu segera anjurkan untuk balik nama sesuai pemilik baru, agar pemilik lama tidak kena resiko tilang karena belum balik nama”, tandas Rudy.

Kombes.Pol.Rudy Antariksa saat menunjukan contoh surat keterangan pelanggaran yang akan d kirim ke alamat pelanggar.

Rudy berharap dengan diberlakukannya sistem ETLE ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas juga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.
“Dengan penindakan seperti itu semoga bisa menekan total prosentase pelanggaran lalu lintas hingga 60 persen serta mengendalikan prosentase jumlah tindak dan pelanggaran yang tidakntertangani”, pungkas Dirlantas.

Beberapa titik yang akan dipasang kamera CCTV di kota Semarang adalah Simpang 3 Akpol,jl.Pahlawan,Simpang 4 jl.A.Yani depan Kesbangpol Jateng,Simpang 3 Hanoman Jl.Siliwangi,Jl.Pemuda depan Balaikota,Simpang 4 jl.Gajah Mada dan Simpang 4 Jl.MT.Haryono depan Peterongan.**Sefrin