Tajam News Kriminal

Selundupkan Sabu Dalam Boneka, Tiga Pelaku Dibekuk BNNP Jateng

Semarang,mediatajam.com – Tiga orang jaringan pengedar sabu dan pil ekstasi, di Ds. Panjang Wetan Kec. Pekalongan Utara Kota Pekalongan berhasil ditangkap Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jateng pada Selasa (5/5/2020).

Para pelaku penyalahgunaan narkoba itu memanfaatkan situasi pandemi Corona dan PSBB dengan menumpang mobil terbuka yang mengangkut beras dari Pekalongan-Jakarta PP.

Kepala BNNP Jateng Brigjen Beny Gunawawan mengungkapkan tiga pelaku sindikat peredaran narkoba masing-masing, Rusdi alias Sambungan (36) dan Sri Hartati alias Wezrex (31) keduanya warga desa Panjang Wetan kota Pekalongan, Serta Widodo (35) seorang Narapidana LP Pati.

“Petugas menemukan barang bukti narkotika jenis sabu total kurang lebih 200 gram dalam beberapa paket dan pil ekstasi warna biru sejumlah 500 butir yang disimpan dalam boneka,” ungkap Brigjen Beny Gunawan saat rilis kasus di Kantor BNNP Jateng, Selasa (19/5/2020).

Ka BNNP Jateng Brigjen.Pol.Beny Gunawan saat rilis kasus tersebut di kantornya.

Beny Gunawan menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan, narkotika tersebut diterima tersangka Rusdi dari Sri Hartati. Petugas lantas menangkap Sri Hartati di indekosnya kawasan Kebanyon Lor, Kabupaten Batang.

“Setelah dilakukan interogasi pada Rusdi, kita mendapat pengakuan bahwa narkotika tersebut milik Widodo yang saat ini masih menjalani hukumam di Lapas IIB Pati,” tambahnya.

Tersangka Rusdi ini juga merupakan residivis dengan kasus yang sama. Para tersangka ditahan di kantor BNNP Jateng guna proses pemeriksaan lebih lanjut.

Para tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Subsider Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 5 tahun penjara dan maksimal pidana mati. **SEF