Tajam News

Sinergi Semen Gresik dan BPBD Bantu 500 Ribu Liter Air Bersih di Desa-Desa Rawan Kekeringan

Rembang,mediatajam.com – PT Semen Gresik mendatangkan 100 truk tangki dengan total muatan 500 ribu liter air bersih kepada warga di wilayah Kabupaten Rembang sebagai bantuan akibat dampak kekeringan di musim kemarau. Bantuan air bersih disalurkan kepada 38 Desa di 14 Kecamatan pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Desa Seren di Kecamatan Sulang salah satu yang menerima bantuan. Sebanyak empat tangki air bersih disalurkan untuk warga di empat dukuhan. Dari penuturan warga, kekeringan sudah terjadi sejak 3 bulan lalu yang mengharuskan mereka untuk mencari air bersih ke desa lain sejauh 6 kilometer.

“Kalau di sini setiap tahun kekeringan, ini sudah hampir tiga bulan. Sumber di sumur sudah menipis dan banyak warga memilih mencari air keluar desa,” Kata Damadi, salah satu warga Desa Seren.

Dharma Sunyata, Kepala Unit Komunikasi dan CSR PT Semen Gresik mengatakan bantuan air bersih ini adalah program Semen Gresik Peduli Bencana tahun 2020. Bantuan air bersih ini diharapkan dapat membantu kebutuhan air bersih warga di musim kemarau.

“Bantuan ini dimaksudkan untuk meringankan beban dari korban bencana alam khususnya yang berada di wilayah sekitar perusahaan,” Kata Dharma Sunyata, Kamis (8/10).

Dharma melanjutkan, adapun distribusi bantuan air bersih ini dilakukan dari kerja sama dengan BPBD Kabupaten Rembang. Penyaluran dilakukan secara bergiliran setiap harinya.

“Memang untuk distribusinya kita gandeng BPBD setempat. Kita petakan desa mana saja yang memang sangat membutuhkan bantuan agar benar-benar tepat sasaran,” Kata Dharma.

Dharma kembali menjelaskan, Program Semen Gresik Peduli Bencana ini selain menyalurkan bantuan air bersih juga membantu membangun embung tadah hujan untuk pengairan pertanian di wilayah desa sekitar perusahaan dan melakukan reboisasi (penanaman hutan kembali).**SAN