Budaya

Tarian ‘Rasa’ Didik Nini Thowok

Magelang, mediatajam.com – Tak diragukan lago, kepiawaian penari Didik Nini Thowok (62) dalam seni olah gerak tubuh memang luar biasa.

Pria kelahiran Temanggung, 13 November 1954 ini tidak pernah main-main ketika menampilkan sebuat karya. “Saya selalu memakai rasa setiap kali menari, apa yang saya dengar, saya rasakan, maka gerakan (tari) itu akan muncul sendiri, mengalir begitu,” ujar Didik usai tampil di pembukaan Borobudur Culture Feast di Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/12).

Ia menari diiringi musik etnik “Sound of Borobudur” yang dimainkan oleh Trie Utami, Dewa Budjana, dan seniman-seniman dari Jaringan Kampung Nusantara.

Mengenakan kostum putih dan wajah polos tanpa make-up, Didik begitu cantik dan luwes dalam mengolah gerak tubuhnya. “Persiapan tidak lama, tapi karena saya lihat konsepnya, saya dengar dan rasakan musiknya, gerakan tari langsung muncul begitu saja,” ucapnya.

Saat ini, Didik sedang melakukan penelitian tentang Candi Prambanan, di Yogyakarta, untuk sebuah karya tarinya yang akan dipentaskan dalam waktu dekat. (RED_Nv)