Peristiwa

Tiga Desa Ring 1 Jadi Sasaran Pilot Project Budidaya Rumput Raja

REMBANG,MediaTajam. Com _  PT Semen Indonesia bekerjasama dengan Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Mantingan, membudidayakan rumput raja yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak dan nantinha kotoran ternak tersebut dapat dijadikan sebagai bahan bakat gas pengganti LPG

General Manajer Production Semen Gresik Rembang Heru Indra dalam pemaparannya mengatakan, kerjasama dengan KPH ini supaya bisa memaksimalkan program budidaya rumput raja.

“Dengan adanya program ini tentunya pihak KPH Mantingan akan bisa menyediakan lahan akni LMDH (lembaga masyarakat desa hutan) serta pendampingan. Selain itu, pihak perusahaan semen dapat menyediakan bibit dan pupuknya,” katanya.

Dari informasinya, program pembudidayaan ini yang akan dijadikan pilot project ada sekitar tiga desa yang berada di ring satu pabrik Semen Gresik di Rembang.

“Saat ini sementara sudah ada 14,7 ha dan nantinya di akhir Desember 2017, diharapkan bisa mencapai 50 ha. Nah, untuk lahannya sendiri berada di kawasan Desa Kajar, Pasucen Kecamatan Gunem dan  Kadiwono Kecamatan Bulu,” ungkapnya.

Sementara itu, Administratur KPH Mantingan Joko Santoso mengakui bahwa program pembudidayaan rumput raja ini sangat baik.

“Saya berharap program program perusahaan jangan jangan sekadar ibarat kata memberi atau membantu seekor lele. Namun harus bisa memberi kail dan pancingnya. Sehingga masyarakat bisa lebih berusaha dan bisa beraktifitas,” harapnya.

Perlu diketahui, rumput raja yang akan dibudidaya tersebut mempunyai ciri khas mempunyai pohon tegak dan berumpun, dapat ditanam di daerah dataran rendah, ketinggian bisa mencapai 4 meter, mempunyai batang tebal keras daun lebar serta mempunyai bulu agak panjang pada daun helaiannya.

Tak hanya dapat dijadikan pakan ternak pada daunnya, batang rumput raja juga bisa dijadikan bahan baku bioetanol.**Hasan Yahya