Tajam News

Toko dan Gudang Mebel di Rembang Ludes Terbakar

REMBANG-,mediatajam.com – Tiga unit banhunan ruko beserta gudang mebel dan perabotan rumah tangga yang berlokasi di Jalan Kartini atau tepat di jantung Kota Rembang ludes terbakar pada Rabu (5/8) siang.

Kobaran api diketahui terjadi sekitar pukul 12:30 WIB, berasal dari gudang di bagian belakang. Dengan cepat, api menjalar ke seluruh bangunan toko. Asap hitam pekat mengepul puluhan meter ke udara, membuat panik warga yang tinggal di sekitar lokasi. Sebab, gudang yang penuh kasur dan lemari berbatasan langsung dengan pemukiman padat penduduk.

Puluhan warga langsung mengungsikan semua barang berharga ke jalan, karena khawatir api menjalar melewati dinding setinggi empat meter yang membatasi bangunan.

Petugas Damkar dari Satpol PP Rembang mengerahkan tiga unit mobil pemadam. Tampak kewalahan, petugas tampak hanya bisa melokalisir titik api agar tidak menyebar.

Muncul dugaan, musibah tersebut dipicu hubungan pendek arus listrik. Namun disebut pula akibat pengelasan di salah satu ruangan, kemudian percikan las menyambar kasur.
Kepala Satpol PP Kabupaten Rembang, Waluyo menjelaskan, selain 3 unit Damkar Satpol PP Rembang diterjunkan pula unit bantuan damkar dari Semen Gresik, dan KM Jaya.

“Tiga armada milik kami sudah diterjunkan, dibantu 3 mobil pemasok air. Ini makin membesar, armada damkar dari Semen Gresik sudah tiba di lokasi kejadian. Tadi juga sudah ada bantuan dari KM Jaya,” kata Waluyo di lokasi kejadian.

Kondisi cuaca yang panas dan tiupan angin kencang, kata dia, membuat api cukup sulit dipadamkan. Selain itu, bangunan saling berdempetan dan berada di jalan protokol.
“Toko ada jual mebel, lemari, perkakas rumah tangga, spring bed juga, jadi api masih terus membakar,” bebernya.

Hingga pukul 16.00 WIB, api dilaporkan mulai padam namun petugas masih melakukan penyemprotan di sejumlah titik api.
Meski tak dilaporkan adanya korban jiwa, kerugian akibat musibah yang menimpa bangunan sekitar 1000 meter persegi tersebut ditaksir mencapai Miliaran rupiah.(San)