Tajam News

Universitas Muhammadiyah Semarang Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Rembang

Rembang,mediatajam.com  – Pemerintah Kabupaten Rembang menerima kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus).

Tujuan kunjungan Rektor Unimus itu dilakukan untuk melakukan kerjasama dengan Pemkab Rembang

Rombongan diterima oleh Wakil Bupati Rembang, M. Hanies Cholil Barro’, di Ruang Rapat Bupati Rembang Lantai 2 Kantor Bupati.Sabtu (10 April 2021).

Wakil Bupati Rembang M.Hanies Cholil Barro’ yang akrab disapa Gus Hanies mengapresiasi kerjasama dengan lembaga pendidikan karena universitas sumbernya Sumber Daya Manusia (SDM).

“Universitas itu sumbernya SDM. Dengan keunggulan SDM, sudah selayaknya kita mengupayakan kerjasama dengan Pemkab. Bahkan Kami berharap Unimus bisa berperan untuk pembangunan di Kabupaten Rembang. Karena ada yang asli Sarang, Lasem, masih ada kecintaan terhadap Kabupaten Rembang, masih ada. Meskipun sudah tidak lagi di sini.” terangnya

Gus Hanies menambahkan di dalam Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dalam amanatnya Pemerintah Daerah memiliki kewenangan untuk bekerjasama dengan daerah lain atau lembaga-lembaga pendidikan termasuk perguruan tinggi.

Ia mengharapkan kerjasama dengan Unisma ini bisa menjadi pioner untuk menarik kerjasama dengan lembaga pendidikan lainnya.

Rektor Unimus, Masrukhi menerangkan Unisma yang mempunyai 8 fakultas dan 28 program studi ingin mengajak kerjasama dengan Pemkab Rembang di berbagai bidang diantaranya inovasi pembelajaran, analis kesehatan dan ahli kelautan.

“Unisma ini kita memiliki 8 fakultas, ada fakultas ilmu keperawatan dan kesehatan, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas kedokteran, fakultas kedokteran gigi, fakultas kesehatan. Ditambah 4 fakultas non kesehatan yaitu fakultas MIPA, fakultas teknik, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing.” Imbuhnya.

Masrukhi menuturkan kerjasama ini dilakukan mengingat salah satu misi Pemkab Rembang 2021-2026 berupa dharma siswa dan dharma guru.

Masrukhi menghimbau ke depan kerjasama ini akan ditindaklanjuti antara Dekan Unisma dengan Organisasi Perangkat Daerah yang menangani.(San)