Tajam News

YBM PLN Pusmanpro bersama IZI Jateng Panen Lele di Ponpes Rijalul Qur’an Gunungpati

Semarang,mediatajam.com – YBM PLN Pusat Manajemen Proyek bersama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kantor Perwakilan Jawa Tengah melakukan panen dari hasil budidaya lele di Pondok Pesantren Rijalul Qur’an, Gunungpati, Kota Semarang. (Senin, 16/11/2020)

Program ini merupakan hasil dari program budidaya lele Pondok pesantren Rijalul Qur’an dengan modal 8000 bibit dan berhasil memanen 664 kg lele.

Dalam proses budidaya ini YBM PLN Pusmanpro dan IZI Jateng terus melakukan pendampingan selama 2 bulan agar para santri yang melakukan proses budidaya ini dapat melakukan budidaya dengan baik serta mendapatkan hasil yang diharapkan.

Senior Manager PT. PLN Pusmanpro, Daru Handoyo menerangkan, pada 30 September 2020, pihaknya menebar 8000 bibit lele ditambak yang dibuat di Pesantren Tahfidz Rijalul Qur’an.

“Dua bulan kemudian kita panen dan alhamdulillah hasilnya maksimal. Keberhasilan sesuai target,” kata Daru.

Kepala Kantor Pewakilan IZI Jateng, Djoko Adhi mengatakan “kami berharap dengan adanya program ini menjadikan santri pondok pesantren menjadi lebih produktif tidak hanya dibidang keagamaan tapi juga dibidang ekonomi mereka menjadi lebih mandiri.”

Kepala Pondok Pesantren Rijalul Qur’an , Muhammad Zainun mengatakan, “Kami berterima kasih kepada PLN dan IZI yang telah memberikan bantuan dan ilmu untuk bisa mengembangkan budidaya lele di pondok ini. Saya berharap ilmu yang diberikan dapat bermanfaat untuk menambah bekal softskill para santri.”

Semoga ilmu dan bantuan yang diberikan dapat memberikan manfaat kepada pondok pesantren dan para santri.**SEF