Tajam News

Advokasi Berani Laporkan Salahsatu Paslon Terkait Pelanggaran Kampanye

Kolaka – Mediatajam.com – Disinyalir melakukan pelanggaran kampanye salah satu pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati kolaka no urut 1 di laporkan ke panitia pengawas pemilu kab kolaka. 18/3/18

Pelaporan dugaan pelanggaran kampanye dilakukan tim advokasi berani sb terkait adanya orasi yang dilakukan paslon urut 1 H. Ahmad Safei di depan kerumungan massa pada malam hari.

Ketua tim Advokasi Berani sb Andi Muh hasgar As.Sh.Mh memgatakan pasangan no urut 1 h ahmad sefei telah melanggar peraturan komisi pemilihan umun (pkpu) no 4 tahun 2017. Ucapnya

Pelanggaran atas larangan ketentuan pelaksanaan kampaye sebagaimana dimaksud dalam pasal 68 ayat (1) huruf a sampai huruf i di katagorikan sebagai tindak pidana dan dikenakan sanksi berdasarkan peraturan perundang undangan.

Yang dijelaskan dalam ketentuan PKPU No 4 tahun 2017 tentang kampanye gubernur, bupati dan wakil bupati sebagaimana di jelaskan dalam pasal 5 ayat (1), pasal 41 huruf a, pasal 42 ayat (1),pasal 43, pasal 52 ayat (1,2 dan 3), pasal 68 ayat (1) huruf i dan pasal 74 ayat (1) adalah saling berkaitan satu samalain yang tidak dalam dipisahkan dalam pkpu no 4 tahun 2017. , ungkapnya.

Berdasarkan surat keputusan komisi pemilihan umum kabupaten kolaka nomor : 39/PL.03.4-kpt/74.1/KPU-KAP/2/2018. Tentang penetapan jadwal kampanye dan zonasi atau lokasi kampaye pada pemilihan bupati dan wakil bupati kolaka tahun 2018 sebagaimana rujukan pada pasal 52 ayat (3) pkpu no. 4 tahun 2018, dan surat himbauan pppu kab kolaka nomor : 061/K-BAWASLU PROV. SG 06/PM.00.02/III/2018 yang di tujukan ke KKPU kolaka, dengan himbauannya beranggapan bahwa pelaksanaan kampanye pada malam hari tidak memenuhi asa efektifutas dari aspek keamanan maupun pengawasan kampanye. Tambahnya

Lanjut hasgar, maka berdasarkan perbuatan yang dilakukan oleh paslon no urut 1 H. Ahmad sefei yang jelas sudah melanggar baik itu undang undang dan termasuk peraturan kpu tentang kampanye dan berdasarkan peristiwa tersebut, juga hasil pemantaun teman teman pihaknya melaporkan pelanggaran tersebut ke panwaslu kabupaten kolaka.

Kita sebagai tim advokasi berani sb melaporkan temuan tersebut kepada panwaslu kabupaten kolaka dengan dugaan kampanye yang dilarang menurut undang undang dan peraturan kpu. Ungkapnya.

Kami juga berharap panwaslu bisa menilai laporan secara objektif dan menindak tegas, memberikan sanksi hukum baik sanksi pidana maupun sanksi hukum lainnya terhadap pasangan calon bupati kolaka H.Ahmad Safei, karena pihaknya bukan hanya melaporkan juga menghadirkan saksi yang pada waktu itu ada dilokasi.

“Kita mempunyai bukti dan dokumentasi pada saat paslon no urut 1 melakukan orasi pada malam itu”,tutup hasgar.**WA