Tajam News

Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Harmusa Oktaviani Sosialisasikan QRIS Kepada Pelaku UMKM

Blora ,mediatajam.com – Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta tokoh masyarakat
Kabupaten Blora mengikuti kegiatan sosialisasi  Gerakan Nasional Non Tunai pembayaran melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Gedung Larasati Blora,  Sabtu
(4 Desember 2021)

Kegiatan sosialisasi Gerakan Nasional Non Tunai dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat itu digelar oleh Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Harmusa Oktaviani bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Melalui video conference, Harmusa menjelaskan bahwa pembayaran non tunai melalui QRIS ini tentunya sangat lebih efektif dan aman.
Dalam proses transaksi keuangan dan pengembangan usaha UMKM.

“Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) ini sangat bermanfaat.
Maka semua UMKM harus segera memiliki QRIS karena pambayaran dengan QRIS masyarakat utamanya UMKM dalam melakukan transaksi keuangan lebih mudah dan jelas lebih aman ,” ujar anggota Komisi XI DPR RI Harmusa Oktaviani 

Sementara itu Kepala Tim Implementasi kebijakan system pembayaran dan pengawasan sp & pur Bank Indonesia KPw BI Jateng, Febriana mengatakan bahwa penggunaan QRIS untuk menjawab tuntutan zaman dalam bertransaksi jual beli.

Lebih lanjut Febriana menjelaskan perkembangan alat pembayaran non tunai saat ini telah berevolusi secara pesat seiring berkembangnya ekonomi dan keuangan digital 4.0.

“BI gencar melakukan sosialisasi kepada berbagai lapisan masyarakat untuk menggunakan QRIS.
QRIS merupakan standar QR yang mengintegrasikan seluruh platform aplikasi pembayaran digital yang diterbitkan oleh seluruh penyedia jasa sistem pembayaran.
Dengan QRIS, pelaku UMKM dapat menerima pembayaran dari seluruh aplikasi sistem pembayaran digital,” jelasnya.

Menurut Febriana manfaat yang didapatkan dari penggunaan QRIS antara lain; transaksi aman, cepat, convenience dan efisien, transaksi tercatat secara historis, dapat membantu kontrol terhadap pengeluaran, mengurangi risiko uang tunai hilang atau dicuri serta mengurangi risiko pembayaran dengan uang palsu.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Funding Officer BRI Kantor Cabang Blora, Kusmani dan Tim Pemasaran Bank Jateng Kantor Cabang Blora Bagus Danar Andito .(HMY)