Tajam News

Ciptakan Daya Tangkal Pada Narkoba, Kapolda Jateng Gagas Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) Di Pati

Pati,mediatajam.com – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi gagas Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Tambakharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati yang diciptakan sebagai wujud kerjasama polisi, stakeholder yang ada di kampung tangguh, Pemda, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kamis (12/8/2021).

Kapolda mengatakan tujuan gagasan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) ini yaitu agar setiap kampung tangguh memiliki daya cegah, daya tangkal dan berani tindak narkoba.

“Kemudian terhadap peredaran yang ada segera diinformasikan kemudian kita bisa tangkap,” kata Luthfi saat ditemui dikantornya.

“Pencanangan Kampung Tangguh ini tidak hanya kegiatan seremonial, saya harapankan agar semua stakeholder yang terlibat untuk ikut aktif dan berperan serta,” sambungnya.

Kampung-kampung yang telah dibentuk sebelumnya, lanjutnya merupakan sebuah sarana dan sebagai pionir adalah Polres Pati, “Tolong para Kapolres khususnya yang sekarang ikut daring, Para Kasatnarkoba agar lapor pada Kapolresnya untuk menciptakan hal ini atas perintah kita,”tuturnya.

Luhfi membeberkan disamping menangani Covid-19, pihaknya berharap kampung-kampung tangguh bersinar ini akan muncul sebagai antisipasi tidak hanya narkoba tetapi didalamnya akan di terapkan protokol kesehatan.

“Artinya disamping kampung tangguh bersinar, teteap diselipkan protokol kesehatan, sambil menyelam minum air”lanjutnya.

Kapolda melanjutkan, Ini perlu dilakukan sebab, Kasus Narkoba di Jateng cukup tinggi, pada tahun 2018 ada sekitar 1.600 kasus, pada 2019 ada 1.700 kasus, pada 2020 ada 1.700 lebih kasus.

“Jadi narkoba itu tidak mengenal Covid, malah naik jadi perlu antisipasi dari kita,”ujarnya.

Indonesia sedang berjuang mewujudkan SDM yang unggul untuk menuju Indonesia maju. Untuk itu kata Jenderal Bintang Dua tersebut, jangan sampai SDM kita dirusak oleh narkoba.

“Oleh karena itu, sekali lagi saya serukan narkoba ancaman kita bersama, Indonesia saat ini sedang berjuang untuk mewujudkan SDM unggul menuju Indonesia maju. Kita akan masuk menuju Indonesia emas dan syarat utamanya harus memiliki SDM yang profesional, produktif, yang berkualitas dan ini semua akan rusak karena pengaruh masalah apabila tidak hati-hati masyarakat kita, kemudian rusak oleh narkoba,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan perang terhadap narkoba merupakan tugas bersama seluruh masyarakat. Menurutnya diperlukan kerja keras dan kerja sama untuk mewujudkan itu semua.

“Oleh karena itu, Ini tantangan tugas kita bersama bagaimana menjaga agar generasi kita betul-betul bisa aman dan bebas narkoba. Kita terus perang bersama narkoba, ini butuh kerja keras, kerjasama sinergitas seluruh elemen stakeholder dan masyarakat,” imbuhnya.