Tajam News

Desa Kumendung Kampung KB Ke 13

REMBANG,Mediatajam.com – Guna menggencarkan program Keluarga Berencana di seluruh Kecamatan . Bupati Rembang Abdul Hafidz kembali meresmikan satu kampung KB di Desa Kumendung Kecamatan Rembang.Sabtu pagi (6/10/2018)

Sebelumnya seperti diberitakan Pemkab Rembang meresmikan Desa Tegaldowo Kecamatan Gunem sebagai kampung KB
ke 12. Sedangkan Kumendung merupakan desa ke 13 yang resmi menyandang titel Kampung KB tahun ini.

Bupati Abdul Hafidz mengatakan pemerintah menekan laju pertumbuhan penduduk, mengatur hingga tingkat keluarga melalui program KB ini agar masyarakat bisa menjadi bermartabat, maju, sehat dan sejahtera.

“KB itu tidak harus ibu, bapak-bapak juga bisa kb. Ini di Rembang tahun ini 34 bapak-bapak yang berani KB. Banyak jenis KB, monggo pilih yang mana. Pemerintah ini melalui program KB ingin keluarga Indonesia menjadi sejahtera dan sehat,” terangnya

Bupati  menambahkan pemerintah sangat memperhatikan masyarakat mulai dari di dalam kandungan hingga lansia. Banyak bantuan yang diperuntukkan mereka, mulai dari pemeriksaan kehamilan sampai bantuan tunai untuk lansia.

Bupati juga kembali meminta masyarakat untuk memperhatikan gizi bayi. Pasalnya 30 persen bayi di Indonesia maupun Rembang lahir dalam kondisi stunting atau tumbuh cebol. Padahal stunting akan berpengaruh dengan perkembangan otak anak.

“Untuk itu dokter, bidan untuk bisa memperhatikan ibu hamil yang ada di wilayahnya masing-masing. Bidan harus tau berapa orang yang mengandung di wilayah binaannya.Karena apa ada kewajiban memeriksakan kandungannya selama mengandung minimal empat kali,” pintanya.

Sementara itu Kepala Desa Kumendung mengatakan, program  KB berjalan cukup baik di wilayahnya. Ia menegaskan masyarakat Desa Kumendung berkomitmen untuk mensukseskan program KB yang dicanangkan oleh Pemkab Rembang.

“Jumlah Penduduk 1546 jiwa, ada 486 KK dan di kampung KB Handayani ini terletak diwilayah RW 1 dukuh Balong Kulon. Jadi disitu ada 2 RT jumlah pasangan subur diwilayah kampung handayani sebesar 61 orang, dan kepesertaan KB total mengikuti,” Pungkas Kades.(Hasan Yahya)