Tajam News

Dirut PT KAI :Tiket Lebaran Dapat Di Pesan Mulai Hari Ini

Semarang,Mediatajam.com – Meski hari raya idul Fitri Tahun ini masih lama  diperkirakan akan jatuh pada tanggal 25 – 26 Juni 2017. Namun Bagi masyarakat yang ingin  membeli tiket kereta api mulai hari ini sudah bisa di pesan .

Hal itu, sejalan dengan kebijakan PT KAI yang telah memberlakukan sistem pemesanan tiket KA mulai 90 hari sebelum keberangkatan (H-90). Kebijakan yang telah diberlakukan sejak Maret 2012 ini bertujuan agar penumpang dapat mempersiapkan perjalanannya jauh hari sebelum keberangkatan.

Tiket Kereta Api untuk angkutan lebaran bisa mulai dipesan hari ini, jum,at (17/3/17). Pemesanan bisa dilakukan di semua sistem yang disediakan PT KAI, mulai dari pemesanan secara online, pemesanan di gerai-gerai maupun melalui call center 121.

“Kami mulai buka pemesanan tiket 90 hari sebelum lebaran, yaitu hari ini. Jadi bagi masyarakat yang berencana mudik, bisa mulai sekarang untuk melakukan pemesanan,” kata Dirut PT KAI, Edi Sukmoro saat melakukan inspeksi di tasiun  Tawang semarang .

Untuk harga, dirinya menjelaskan jika pihaknya mengacu kepada keputusan Kementerian Perhubungan RI. Dia tidak bisa memprediksi akan terjadi fluktuasi harga tiket lantaran keputusan berada di pihak Kementerian Perhubungan.

Akantetapi pastinya Kementerian Perhubungan kata dia mempunyai batas maksimal dan minimal untuk harga tiket. Jadi pihaknya tidak  akan melampaui harga maksimal atau minimal .

Sementara itu Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Kuswoyo mengatakan ,penjualan tiket KA untuk angkutan Lebaran tahun ini dimulai tanggal 17 Maret 2017 pukul 00.01 WIB untuk keberangkatan 15 Juni 2017 atau H-10. “Untuk H-9 bisa dibeli tanggal 18 Maret 2017, dan seterusnya.

Pembukaan pembelian tiket angkutan lebaran ini dipastikan akan diserbu berjuta-juta orang secara bersamaan. Oleh sebab itu, dihimbau bagi calon penumpang yang ingin membeli tiket mudik dengan menggunakan moda transportasi kereta api diharapkan sudah mempersiapkan hari keberangkatan untuk mudik maupun balik. Dengan begitu, calon penumpang tidak akan kehabisan tiket untuk tanggal keberangkatan KA yang diinginkan* (uut/Lea)