Tajam News

Korban KSP Jateng Mandiri Minta Uangnya Kembali Dan Halim Dihukum Berat

Para korban KSP Jateng Mandiri

SEMARANG,MEDIATAJAM.COM _ Kasus dugaan penggelapan dana kreditur Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Jateng Mandiri senilai Rp 328 miliar oleh Halim Susanto terus bergulir di PN Semarang.

Sebanyak 1.200 korban kasus tersebut masih setia mengawal secara ketat jalannya persidangan dengan terdakwa ketua koperasi tersebut, Halim Susanto.

“Kami minta agar pengadilan memutus seadil-adilnya,dan kami minta uang kami yang diambil Halim susanto dikembalikan”, ungkap Yanuar salahsatu korban kepada mediatajam.com.

“Para korban tidak hanya menuntut uang kami dikembalikan, tapi juga tersangka harus dihukum setimpal dan mempertanggungjawabkan perbuatannya, karena Halim dengan sengaja melakukan penipuan dan kejahatan berkedok koperasi,” tegasnya.

Pelaku sendiri ditetapkan sebagai tersangka oleh Ditreskrimsus Polda Jateng dan ditahan sejak 24 Agustus lalu.  KSP Jateng Mandiri ini buka sejak 2012 di dua cabang yakni Semarang dan Temanggung, dan berhasil meraup dana nasabah mencapai Rp 328 miliar, dengan jumlah kreditur kurang lebih 1.200 orang.

Setia mengawal jalannya sidang

Para nasabah terjerat koperasi abal-abal tersebut berawal informasi dari kawan atau kerabat. Mereka tergiur dengan iming-iming bunga antara 10 hingga 15 persen, sehingga banyak yang menarik uangnya di bank untuk kemudian disetorkan di KSP Jateng Mandiri.

Berbagai upaya telah dilakukan para nasabah untuk meminta uangnya kembali namun tak menemui hasil. Hingga para korban melaporkan ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng pada Februari lalu dan ditetapkan sebagai tersangka serta dilakukan penahanan terhadap Halim sejak 24 Agustus 2018 lalu. **RED