Tajam News

Mahasiswa KKN RDR UIN Walisongo Semarang Gandeng PPPA Darul Qur’an Membumikan Al-qur’an di LPQ An-Noor Genuksari

Semarang,mediatajam.com – Membumikan Al-qur’an menjadi salah satu progam dari KKN RDR UIN Walisongo Semarang sebagai peringatan hari santri nasional. Pembumian ini melibatkan mahasiswa KKN RDR Kelompok 51 UIN Walisongo Semarang, PPPA Darul-Qur’an, santri LPQ An-Noor Kecamatan Genuksari Jum’at (22/10/2021).

Peringatan hari santri ini diisi beberapa kegiatan yaitu lomba mewarnai, lomba adzan, hafalan surat pendek, dan lomba kerupuk sebagai rangkaian acara keceriaan santri-santri An-Noor.

Semarak hari santri ini menjadi sebuah momentum penting dalam penebaran Al-qur’an diplosok-plosok desa kecil. Kelompok KKN RDR 51 memiliki kesempatan untuk menggandeng PPPA Darul qur’an sebagai salah satu lembaga yang menyalurkan zakat, wakaf, infaq, dan shadaqah dari masyarakat yang berfokus pada penghafal qur’an.

Nurul Komariah selaku ketua koordinator kelompok, mengungkapkan “Semarak hari santri ini harus menjadi peringatan yang berkesan dan memberikan efek positif bagi masyarakat.”

”Harapan dari kegiatan semarak hari santri juga diungkapkan dari salah satu pengurus LPQ An-Noor “Kegiatan KKN dan Kerjasama dengan PPPA Darul qur’an ini sangat memberikan efek positif bagi santri-santri LPQ, selain serangkaian acara lomba yang memeriahkan acara ada juga penebaran Al-qur’an sebagai titik pusat pengembangan hafalan qur’an lebih lanjut.”Ujar Ustadzah Narsih

Pimpinan LPQ An-Noor juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada PPPA Darul qur’an dan mahasiswa KKN RDR kelompok 51 atas acara yang telah dilaksanakan dengan baik. Pimpinan LPQ juga memberikan apresiasi kepada salah satu santri berkebutuhan khusus sebagai santri luarbiasa yang tidak pernah absen selama belajar.

 “Mas Sandi ini salah satu santri yang sangat semangat belajar patut dijadikan sebagai santri teladan bagi santri-santri lainnya, sangat semangat dalam mempelajari Al-qur’an.”

Serangkaian acara semarak hari santri nasional 2021 ini berharap dapat memberikan motivasi bagi santri untuk terus belajar menghafal dan dapat membumikan ajaran Al-qur’an dalam lingkungan masyarakat kecil. **SINAR/SYAI