Tajam News

Meriahkan HUT RI Ke 73 Ribuan Warga Babagan Lasem Ikut Kirab Budaya

REMBANG,Mediatajam. Com- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke 73 Pemerintahan Desa (pemdes) Babagan Kecamatan Lasem, menggelar kirab budaya Jumat (17/08/2018)

Kegiatan kirab budaya yang digelar sore itu diikuti oleh ribuan warga desa Babagan dengan cara mengelilingi desa tersebut berlangsung meriah .

Berbagai kostum dikenakan, mulai dari batik karnival, pakaian ala wali songo, ala penjual jamu sampai dengan pakaian khas ala tionghoa.

Memang desa Babagan merupakan salah satu desa yang multi etnis, banyak juga warga tionghoa dengan rumah- rumah berarsitektur cina kuno masih eksis berdiri kokoh di desa ini.

Kepala Desa setempat Sukardi mengatakan, kegiatan yang baru pertama kali digelar itu, dilakukan secara swadaya oleh masyarakat Desa Babagan. Meski demikian, masyarakat setempat cukup antusias untuk mengikuti karnaval.

“Kegiatan yang pertama kalinya mas, kami mengajak kepada masyarakat yang mau berpartisipasi perayaan HUT RI, dilakukan swadaya masyarakat. Alhamdulillah masyarakat mendukung. ” kata Sukardi.

Ia berharap adanya kirab budaya dapat semakin mendongkrak popularitas desa Babagan sebagai desa wisata sekaligus kampung batik. Rencananya kirab budaya akan rutin diadakan setiap tahunnya untuk pelaksanaan yang lebih baik dan bisa menarik kunjungan wisata.

Start diawali dari perbatasan antara Desa Babagan – Karasgede. Mereka semua melalui rute berkeliling desa sebelum finish di lapangan Desa Babagan. (Hasan Yahya)