Tajam News

Peradi Bersatu Jateng Gelar Pembekalan Komprehensif Terkait Perlindungan Hukum Penyalahgunaan Narkoba


Semarang,mediatajam.com – Dewan Pimpinan Daerah Provinsi Jawa Tengah Peradi Bersatu melaksanakan embekalan komprehensif “Strategi perlindungan hukum terhadap pelaku & Korban penyalahgunaan narkoba” yang diselenggarakan di UTC Hotel Semarang pada Sabtu (18/13/21).

Nugroho Tjahajono ,SE,SH Ketua DPD Jateng Peradi Bersatu menyampaikan jika acara ini adalah sebagai upaya untuk memberikan tambahan ilmu serta wawasan para advokat anggota DPD Peradi Jateng dalam menjalankan tugas profesi terutama dalam hal pendampingan hukum terkait pelanggaran penyalahgunaan narkoba.

“Saya berharap dengan pembekalan ini bisa meningkatkan pengetahuan para lawyer terutama anggota Peradi Bersatu Jawa Tengah, agar lebih profesional dalam menjalankan tugas profesi”, kata Nugroho.

Ia menambahkan, program pembekalan ini merupakan program DPD Peradi Jateng yang akan dilaksanakan rutin tiap berapa bulan sekali, pihaknya aka rutin melakukan pembekalan ini dengan tema yang berbeda sesuai dengan permasalahan yang sedang hangat dan perlu untuk dikaji lebih dalam.

Sebagai narasumber dalam pembekalan tersebut adalah Kompol.Dwi Budiyanto,SH,S.Pd,MH dari penyidik Ditresnarkoba Polda Jateng, Singgih Yonki Nugroho,SH dari Lembaga Rehabilitasi IPWL At-Tauhid dan Eko Djuni Prasetyo,SH dari Lembaga Anti narkoba Surya Pancanaka.

Dalam paparannya Kompol.Dwi Budiyanto mengatakan jika mayoriyqs dari kasus yang ditangani oleh kepolisian adalah dari tangkap tangan. Karena dalam kasus penyalahgunaan narkotika tanpa adanya barang bukti maka proses penyidikan tidak akan bisa berlanjut.
“Jadi semua proses pengungkapan dalam perkara penyalahgunaan narkotika itu memang harus ada barang bukti dan tangkap tangan, jika tidak maka proses penyidikan akan berhenti tentunya”,terangnya.
Pantauan mediatajam selain para advokat dari DPD Peradi Bersatu Jateng,. peserta juga ada dari mahasiswa dan beberapa anggota LSM dan Ormas.**FR